21 Desa di Kukar Alami Rawan Pangan

Kepala Disketapang Kukar Sutikno saat diwawancarai wartawan Berita Alternatif di Kantor Disketapang Kukar pada 28 Februari 2024. (Berita Alternatif/Hamdi Hamid)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM- Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kabupaten Kutai Kartanegara menyebut terdapat puluhan desa di Kukar yang rawan pangan.

Diketahui, Kukar terdiri dari 20 kecamatan, 44 kelurahan, dan 193 desa. Berdasarkan data Disketabang Kukar, terdapat 21 desa yang masuk dalam kategori wilayah rawan pangan.

Pemkab Kukar melalui Disketapang Kukar pun akan mendistribusikan sembako untuk masyarakat di wilayah yang rawan pangan tersebut.

Kepala Disketapang Kukar Sutikno menjelaskan bahwa bantuan yang akan disalurkan ke masyarakat itu berupa beras 20 kilogram yang juga dilengkapi susu dan minyak goreng.

Kata dia, berdasarkan data cadangan pangan pemerintah, Pemkab Kukar telah menyiapkan kurang lebih 300 ton beras yang akan segera disalurkan kepada masyarakat Kukar.

“Bantuan tersebut akan disalurkan ke masyarakat yang masuk dalam kategori rawan pangan seperti gagal panen, kebakaran, dan tidak bisa beraktivitas,” jelasnya kepada awak media ini pada Rabu (28/2/2024).

Ia menegaskan bahwa bantuan tersebut hanya diperuntukkan untuk masyarakat yang masuk dalam kategori rawan pangan.

Dia menyebut pemerintah akan terus berupaya menyediakan kebutuhan pangan di Kukar.

Pihaknya telah bekerja sama dengan OPD terkait untuk menanggulangi kerawanan pangan di Kukar.

“Bantuan dari Dinas Sosial ada; Bapanas ada. Jadi, sangat terbantu,” ungkapnya. (hmd/jt/fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA