Search
Search
Search
Close this search box.

5 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Tenggarong

destinasi wisata tenggarong
Potret sejumlah objek wisata di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. (IDN Times)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Tenggarong merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibu kota dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kota yang semula bernama Tepian Pandan ini dulu adalah ibu kota Kesultanan Kutai Kertanegara ing Martapura.

Sultan Kutai kemudian mengubah nama Tepian Pandan menjadi Tangga Arung, yang saat ini lebih dikenal dengan nama Tenggarong.

Selain nilai-nilai sejarah di baliknya, Tenggarong menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Bagi kalian yang tertarik untuk datang dan berlibur, berikut adalah tempat-tempat yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi.

Pertama, Car Free Day Tenggarong. Untuk kalian yang menyukai suasana ramai di pagi hari, tempat ini adalah destinasi yang cocok untuk didatangi.

Setelah lokasi Car Free Day dipindahkan ke Kawasan Budaya Tenggarong, ada lebih banyak variasi kuliner yang bisa kalian coba.

Lokasinya di sekitar Jalan KH Achmad Mukhsin dan Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Diponegoro dan Jalan Sutoyo, Kelurahan Panji. Car Free Day hanya bisa kalian temui pada hari Minggu pagi.

Kedua, Museum Mulawarman Tenggarong. Setelah puas bersantai dan menikmati aneka jajanan, kalian bisa dengan mudah datang ke Museum Mulawarman yang berada di lokasi yang sama.

Bangunan yang merupakan bekas istana Kesultanan Kutai Kartanegara ini merupakan tempat wajib yang harus kalian datangi saat berkunjung ke Kota Raja.

Di dalam Museum Mulawarman tersimpan benda-benda sejarah yang dahulu digunakan oleh Kesultanan. Di lantai bawah, kalian bisa melihat koleksi keramik China dan panorama kehidupan rakyat di masa lalu.

Ketiga, Planetarium Jagad Raya Tenggarong. Bergeser sedikit dari Museum Mulawarman, tepat di sebelah utara kompleks Museum Mulawarman di Jalan Diponegoro, kalian bisa menemukan objek wisata lain.

Planetarium Jagad Raya Tenggarong diresmikan pada 16 April 2003 oleh Wakil Presiden RI saat itu, Hamzah Haz. Objek wisata ini merupakan sebuah wahana pendidikan untuk mengenal objek langit di penjuru jagat raya.

Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak, kalian bisa menikmati berbagai pertunjukan mengenai benda langit yang menarik.

Keempat, Ladang Budaya Tenggarong. Siang menjelang sore hari, kalian bisa bersantai sembari menikmati keindahan alam di Ladang Budaya (Ladaya). Bagi kalian yang menyukai aktivitas outdoor, terdapat arena outbond yang bisa kalian coba.

Berlokasi di Jalan H. Bachrin Seman, RT 12, Mangkurawang, Ladaya menyuguhkan pesona Pulau Borneo yang dekat dengan alam, seperti slogan mereka, “Berkawan dengan Alam”.

Kelima, Taman Kota Raja Tenggarong. Di malam hari, melalui jembatan yang menuju Samarinda, kalian bisa melihat gemerlap cahaya dari menara-menara di Taman Kota Raja.

Sebelum meninggalkan Tenggarong, kalian bisa bersantai sejenak sembari menikmati pemandangan Sungai Mahakam.

Kalian bisa menikmati kuliner yang disajikan atau berkeliling sekitar taman dengan menyewa sekuter atau sepeda listrik yang tersedia disana. Pastikan kalian memotret segala keseruan kalian selama berlibur dan berkunjung ke Kota Raja! (*)

Penulis: Hanna

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA