Search
Search

Aji Ali Husni: Lomba Memancing Idaman akan Dongkrak Perekonomian Nelayan dan Pelaku UMKM

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni. (Berita Alternatif/M. As'ari)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengadakan lomba Mancing Idaman pada 16-17 September 2023.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni mengungkapkan, dalam pelaksanaan lomba ini pihaknya bekerja sama dengan Fishing Club Community.

Komunitas tersebut akan membantu pengelolaan lomba hingga bagian-bagian teknis lainnya. “Karena memang mereka ini yang memang menekuni bidang ini,” jelas Ali, Jumat (18/7/2023).

Selain memperkenalkan objek wisata di wilayah Hulu Kukar, lanjut dia, lomba ini juga bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat Kukar yang memiliki usaha di sekitar lokasi lomba.

Kata Ali, Dispora Kukar akan memfasilitasi para pedagang kuliner hingga kaki lima untuk membuka usaha di area-area di sekitar lokasi lomba tersebut.

“Dampaknya buat masyarakat, terutama pada saat kita membuka itu kan akan banyak nih datang pengunjung. Otomatis pedagang kaki lima, para pedagang-pedagang kuliner lokal, ini akan kita persilakan, kita fasilitasi mereka untuk jualan di situ,” ungkapnya.

Selain berdampak pada para berdagang, Ali mengatakan, lomba ini juga akan membawa efek positif bagi para nelayan.

Pasalnya, para peserta lomba yang ingin mencari areal memancing di sungai akan menggunakan perahu. Para nelayan pun bisa menyewakan perahu mereka kepada peserta-peserta lomba.

“Kita ingin memberikan dampak positif terhadap lingkungan UMKM dan para nelayan-nelayan yang ada di sekitar lokasi kegiatan seperti itu. Kemudian kan pasti juga ini nantikan akan berdampak ke lokasi-lokasi belanja di seputar lokasi mereka mengikuti kegiatan-kegiatan itu,” pungkas Ali. (adv/mt/fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA