Search
Search

Anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir Kunjungi Taman Wisata Sungai Dumaring

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir mengunjungi Taman Wisata Sungai Dumaring yang berlokasi di Kecamatan Talisayan, Kabupaten Berau, Provinsi Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Sutomo menjelaskan skema pengelolaan obyek alam tersebut, yang dikelola oleh badan usaha milik desa.

Ia pun mengajak masyarakat Kaltim mengunjungi Taman Wisata Sungai Dumaring, yang menawarkan wisata alam yang indah dan hijau.

“Alam di sini masih hijau, air yang mengalir dengan segar, kemudian suara-suara burung bisa kita dengarkan di sini,” ujarnya sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Sutomo Jabir Official pada Selasa (8/11/2022) pagi.

Setelah menjelaskan secara singkat tentang Taman Wisata Sungai Dumaring, ia pun berkeliling bersama rombongannya di wisata alam tersebut.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini dipandu oleh seorang pemandu wisata, yang menguraikan panjang lebar terkait Taman Wisata Sungai Dumaring.

Sutomo juga mencoba flying fox, yang disediakan para pengelola obyek wisata tersebut. “Ini sebenarnya uji keberanian. Kita melayang di atas udara,” ujarnya.

Diketahui, Taman WIsata Sungai Dumaring merupakan sebuah upaya kolaborasi yang dibangun di kawasan hutan dumaring oleh pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak lainnya yang terkait dengan pengelolaan lingkungan.

Hutan Dumaring memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Wisata Sungai Dumaring merupakan bentuk optimalisasi peningkatan ekonomi masyarakat yang berdasar pada aspek sumber daya alam dan kerakyatan. Saat ini, taman tersebut telah ditetapkan sebagai kampung wisata.

Destinasi wisata yang berada di kawasan Berau Pesisir ini mewakili segala potensi yang dimiliki oleh Kampung Dumaring, dari kekayaan hutan, keanekaragaman hayati, masyarakat multikultur, dan produk yang dihasilkan.

Taman ini menawarkan pengalaman berwisata mulai dari aktivitas air di Sungai Dumaring, aneka wahana permainan, outbound, gathering, jungle tracking, dan masih banyak lagi lainnya.

Taman Wisata Sungai Dumaring ditunjang dengan fasilitas memadai: penginapan, balai pertemuan, kafetaria, kamar mandi umum, camping, dan playing ground.

Taman Wisata Sungai Dumaring menjadi bagian dari program konservasi hutan di bawah payung Lembaga Pengelola Hutan Desa Pangalima Jerrung, khususnya di Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Wisata.

Taman tersebut memanfaatkan jasa lingkungan dari hutan Desa Dumaring berupa aliran Sungai Dumaring. Hal ini menjadikan Taman Wisata Sungai Dumaring sebagai ujung tombak kampanye pelestarian hutan dan pemberdayaan masyarakat. (adv/um)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA