Search
Search

Antusias Warga Sepaku Sambut Revitalisasi Pembangunan SDN 020 di IKN, Presiden Jokowi: Nanti Anak-anak Calon Ibu Kota Memiliki Kualitas Pendidikan yang Baik.

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada groundbreaking revitalisasi pembangunan SDN 020 Sepaku. (Humas OIKN)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Groundbreaking revitalisasi pembangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020 Sepaku di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) disambut positif oleh warga.

Pembangunan tersebut diinisiasi oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang peletakan batu pertamanya diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (1/11/2023) sebagai rangkaian dari groundbreaking Tahap Kedua di IKN.

Dijelaskan, acara groundbreaking ini menandai tonggak bersejarah dalam komitmen Astra untuk memajukan pendidikan di Indonesia, juga komitmen OIKN untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat di sekitar IKN. SDN 020 Sepaku ini terletak di Desa Bumi Harapan yang masuk dalam kawasan IKN.

Para orang tua murid SDN 020 Sepaku menyambut positif proyek revitalisasi ini. Salah satu orang tua murid kelas III SDN 020 Sepaku, Yudi, mengatakan dirinya senang dengan telah dilakukan peletakan batu pertama langsung oleh Presiden Jokowi sebagai tanda dimulainya proses pembangunan.

Menurut Yudi, kondisi dan situasi sekolah yang ada saat ini dinilai cukup rawan dari bahaya bagi para murid dan orang tuanya, karena letaknya tepat berada di pinggir jalan provinsi dan aktivitas kendaraan juga sangat tinggi.

“Jika bertahan di lokasi lama, aktivitas belajar jadi terganggu karena suara bising dari kendaraan yang lewat. Jalan juga menjadi berlumpur dan licin apabila terkena hujan, sehingga tak jarang kami terpeleset saat mengantar dan menjemput anak kami di sekolah,” ujar Yudi.

Senada dengannya, Anggi Rahmawati juga salah satu orang tua murid kelas V SDN 020 Sepaku menambahkan pemindahan sekolah itu ada suka duka bagi dirinya. Sukanya karena sekolah itu akhirnya direlokasi ke tempat yang lebih baik, tidak berada di jalan raya yang sekarang memang sudah padat pengendara melintas.

“Sedangkan dukanya, karena sekolah menurut saya pribadi banyak menorehkan sejarah kenangannya, karena dulu saya juga alumni SDN 020. Dulu bangunan masih berbahan kayu papan hingga seperti sekarang,” ungkapnya.

Anggi mengharapkan pembangunan sekolah itu cepat selesai dan proses belajar mengajar bisa segera dilakukan di gedung sekolah yang baru. Ia juga berharap semoga bisa lebih baik lagi dari segi keamanan dan pendidikannya.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen OIKN dan Astra. Presiden juga menjelaskan bahwa revitalisasi ini akan melengkapi sarana dan prasarana sekolah.

“Ada ruang kelas, ada laboratorium IPA dan TIK, ada perpustakaan, ada amphitheater, ada kantin, ada tempat baca, ada lapangan multifungsi, ada area hijau, ada konservasi embung, dan fasilitas mendukung lainnya,” jelas Presiden.

Lebih lanjut, Presiden juga memerencanakan peningkatan kualitas pendidikan ini juga akan dilakukan pada lima sekolah dasar lainnya.

“Ini merupakan upaya kita agar nanti anak-anak calon Ibu Kota ini bisa memiliki kualitas pendidikan yang baik,” imbuhnya.

Kepala OIKN Bambang Susantono menambahkan, pembangunan ini dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan sarana prasarana sekolah, tapi juga kualitas guru yang mengajar.

“Dengan dibantu oleh Yayasan Pendidikan Astra, kami berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan yang berkualitas di IKN dan sekitarnya,” ucap Kepala Otorita.

Karena, menurutnya, menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sangat penting untuk pembangunan dan ketangguhan masyarakat di IKN.

Dijelaskan, sekolah ini akan dibangun di atas tanah yang diberikan dari Desa Bumi Harapan dengan desain baru yang mengusung konsep future smart forest city di mana gedung sekolah mengadopsi dari bentuk Rumah Adat Lamin dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung perkembangan fisik dan intelektual para siswa serta areal hijau.

“Pembangunan SDN 020 Sepaku ini merupakan dedikasi kami terhadap peningkatan sektor pendidikan di Indonesia, terutama dalam menjaga keamanan siswa dari banjir yang sebelumnya melanda sekolah binaan kami ini. Kami bangga menjadi bagian dari proyek ini yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem belajar yang produktif bagi anak-anak kita dan generasi mendatang,” ujar Ketua Pengurus (YPA-MDR) Gunawan Salim.

Selanjutnya, Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menuturkan revitalisasi sekolah dasar ini adalah bukti nyata dampak pembangunan dan pemerataan hadirnya IKN di Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten PPU, Kecamatan Sepaku.

“Revitalisasi sekolah ini bagian dari pengembangan pendidikan untuk generasi emas kita mendatang. Apalagi menjadi bagian dari IKN, sudah tentu ini semakin meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas SDM kita bersama dengan IKN,” tegas Makmur. (nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA