BUMDes Lebak Mantan Sumbang Pendapatan Asli Desa Rp 70 Juta Per Tahun

Kepala Desa Lebak Mantan, Satibi Yusuf. (Berita Alternatif/Arif Rahmansyah)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM  – Desa Lebak Mantan, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) adalah salah satu desa yang wilayahnya dikelilingi perkebunan kelapa sawit.

Desa ini memiliki sekitar 3.000 hektare lahan perkebunan kelapa sawit, yang dikelola oleh PT Prima Mitra Jaya Mandiri dan PT Jaya Mandiri Sukses.

Pemerintah Desa Lebak Mantan pun memanfaatkan keberadaan dua perusahaan tersebut dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak di sektor jasa pengangkutan.

“BUMDes kita sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan di sektor jasa angkut tandan buah segar dan CPO,” beber Kepala Desa Lebak Mantan, Satibi Yusuf, Rabu (29/3/2023).

Selain itu, BUMDes tersebut bergerak dalam kegiatan-kegiatan perkebunan, seperti mengerjakan pruning, perawatan, dan panen. Pengerjaannya melalui kerja sama dengan pihak koperasi.

“Alhamdulillah dari membangun kerja sama dengan pihak perusahaan BUMDes kami sudah bisa menyumbang pendapatan asli desa  sekitar Rp 70 juta per tahun,” ungkapnya.

Meski masih tergolong kecil, Satibi mengaku penghasilan tersebut sudah terhitung di luar gaji karyawan serta dana untuk kegiatan sosial dan penyertaan modal tambahan.

Dia berharap kerja sama dengan pihak perusahaan tersebut terus dikembangkan. Harapannya dapat menambah pendapatan asli desa dan memberdayakan masyarakat setempat.

“Semoga ini terus berkembang sehingga memberikan sumbangsih bagi desa, berupa pendapatan yang lebih besar lagi,” harap Satibi. (adv)

Penulis: Arif Rahmansyah

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA