Bupati Edi Damansyah Apresiasi Peran KWT Kukar

Bupati Kukar Edi Damansyah (Berita Alternatif/Hamdi Hamid)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi peran Kelompok Wanita Tani (KWT) Kukar.

Hal itu sejalan dengan program unggulan Kabupaten Kukar dalam memproduksi beras.

Edi mengatakan dari 9 kabupaten kota di Kalimantan timur (Kaltim), Kabupaten Kukar menjadi satu-satunya kabupaten di Kaltim yang unggul. Sekitar 42 persen kebutuhan beras di Kaltim ada di Kukar.

Selain itu, lanjut Edi, juga unggul dalam memproduksi sejumlah kebutuhan pokok pertanian.

‘’Yang sudah kita lakukan ini, salah satu peran para KWT-KWT yang ada di kecamatan dan desa di Kutai Kartanegara,” jelasnya, Rabu (1/5/2024).

Edi mengungkapkan saat dirinya keliling, ia melihat bahwa semua KWT sudah ada aktivitas.

Kemudian, dia sampaikan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bahwa yang harus dilakukan saat ini adalah optimalisasinya.

Hal tersebut, kata Edi, dilihat dari KWT yang memanfaatkan lahan-lahan pekarangan, seperti di Tenggarong Seberang, Anggana, Loa Kulu, Loa Janan dan Tenggarong.

Melalui kegiatan silaturahmi tersebut, ia berharap para ketua KWT Kukar untuk memverifikasi kelompok-kolompok yang sudah ada.

Selanjutnya, Edi juga meminta agar mengidentifikasi komoditi-komoditi atau produk keunggulan yang ada di kecmatan, kelurahan dan desa masing-masing.

‘’Setelah itu kita akan mencoba memfasilitasi bagaimana nanti pasarnya juga bisa terhubung dengan baik. Ini yang akan kita lakukan bersama. Kami di pemerintah kabupaten, melalui KTNA dan KWT kabupaten, KWT kecamatan, keluran dan desa,’’ jelasnya.

Pada momen tersebut Edi mengajak kelompok wanita tani agar menguatkan komitmennya dalam mengoptimalkan peran serta fungsi KWT. (adv)

Penulis : Hamdi

Editor   : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA