Bupati Edi Dorong Kadin Bina Para Pelaku Ekonomi Kreatif di Kukar

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM  – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan fokus mengembangkan ekonomi kreatif di Kukar melalui komunitas-komunitas milenial.

Bupati Kukar Edi Damansyah berharap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kukar berperan aktif dalam pengembangan SDM yang dapat didorong untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

Dalam rangka menumbuhkan keterampilan para pemuda yang bergerak di sektor ekonomi kreatif, ia menekankan kepada Kadin Kukar untuk menginisiasi pelatihan-pelatihan.

“Agar bisa berdaya saing dan memiliki ilmu pengetahuan,” ujar Bupati Edi saat menghadiri Peluncuran Sport Circle Aljawahir di Kampung Baru Tenggarong pada Jumat (17/3/2023).

Bupati mengungkapkan bahwa pelaku-pelaku ekonomi kreatif di Kukar merupakan anak-anak muda potensial yang memiliki daya saing dan keterampilan.

Mantan Sekda Kukar ini juga berharap kepada Kadin Kukar agar berperan aktif dalam mendorong pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kukar.

“Salah satu fungsi Kadin bukan hanya mengurus proyek di Pemda saja. Itu selalu saya ingatkan bahwa ada peran besar Kadin itu. Ini harus diaktifkan dan dilaksanakan dengan baik. Tentu berkolaborasi dengan Pemkab Kukar,” tegasnya.

Dia menekankan kepada semua pihak, khususnya Kadin dan pelaku-pelaku ekonomi kreatif di Kukar, membangun kolaborasi.

Sebagai pelaku ekonomi kreatif, potensi barista juga mesti dikembangkan. Peran ini diharapkan Bupati dapat diambil oleh Kadin Kukar.

Dia mengaku memantau kafe-kafe di Kukar. Berdasarkan pengamatannya, sejumlah kafe di Kukar masih mendatangkan kopi dari luar daerah.

“Ini perlu dipikirkan agar Kadin hadir. Bisa diarahkan dan dikoordinir dengan baik. Kadin harus memanfaatkan potensi di Kukar ini,” imbuhnya. (adv)

Penulis: Arif Rahmansyah

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA