Bupati Kukar ingin pelaku UMKM terus Dilakukan Peningkatan

Bupati Kukar Edi Damansyah saat diwawancarai usai acara pengangkatan dan pemberhentian pegawai negeri sipil 2024 diruang serbaguna 21 Maret 2024. (Berita Alternatif/Lita)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Bupati Kukar Edi Damansyah menginginkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus dilakukan peningkatan.

Ia ingin Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kukar terus melakukan pendataan secara berkala serta memberikan pembinaan-pembinaan berkelanjutan.

“Tadi saya sampaikan contohnya. Misalkan pelaku usaha mikro kecil kan luar biasa peningkatan UMKM di Kutai Kartanegara ini. Nah ini yang harus diperhatikan lagi, dibina lagi” ucapnya usai kegiatan pengangkatan dan pemberhentian PNS 2024 yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar pada Kamis (21/3/2024).

Dia juga menginginkan para pelaku UMKM di Kukar ini harus memiliki legalitas usaha, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) serta sertifikasi halal bagi usaha kuliner.

Maka dari itu, segala kebutuhan mereka harus selalu difasilitasi agar bisa mendapatkan akses tersebut.

Lalu, mereka juga harus diberikan bantuan-bantuan peralatan yang dibutuhkan serta informasi akses permodalan yang bisa digunakan untuk menunjang usaha.

Akan tetapi, Diskop-UKM Kukar juga harus lebih memperhatikan lagi bantuan-bantuan yang diberikan itu harus tepat sasaran.

Edi menerangkan, saat ini program prioritas mereka adalah mengupayakan agar usaha para pelaku UMKM bisa terus mengalami peningkatan.

Misalnya, yang awal memulai usaha dari skala mikro itu naik menjadi skala kecil, dan seterusnya.

“Karena kelompok usaha mikro ini kan ada prosedur mekanismenya. Kemajuannya dia harus naik kelas. Kalau dia mikro ke kecil, kecil ke menengah. Saya pinginnya seperti itu ada roadmapnya,” tutur dia.

Ia berharap agar hal-hal tersebut bisa dilakukan oleh dinas terkait agar para pelaku UMKM bisa lebih terarah dalam menjalankan usaha, demi memajukan ekonomi masyarakat Kukar. (adv/lt/mt)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA