Bupati Kukar Jamin Pendidikan Yatim Piatu dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Di sela-sela pelepasan para peserta Kirab Pemuda Nusantara pada Kamis (27/10/2022), Bupati Kukar menyerahkan Beasiswa Kukar Idaman kepada para yatim piatu yang orang tuanya menjadi korban pandemi Covid-19.

Penyerahan beasiswa kepada para yatim piatu tersebut dilakukan Bupati di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

“Kami serahkan secara khusus beasiswa kepada anak yatim piatu yang orang tuanya korban Covid-19. Kita berikan jaminan pendidikannya, dari sekolah dasar sampai pendidikan tinggi,” ungkapnya.

Lewat Beasiswa Kukar Idaman, lanjut Bupati, Pemkab Kukar menginginkan para pemuda Kukar mempunyai daya saing tinggi.

“Kompetensi tidak hanya sebatas menguasai kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi juga berbasis keagamaan,” tuturnya.

Selain itu, Edi mengatakan, lewat beasiswa tersebut Pemkab Kukar ingin mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan bermartabat.

Pemkab Kukar juga menandatangani Memorandum of Understanding dengan 14 perguruan tinggi di Kalimantan Timur. Kerja sama ini merupakan wujud dari program Pemkab Kukar dalam mencetak seribu guru sarjana.

Dia juga mendorong para pemuda Kukar untuk terus bangkit, kuat, dan mandiri dalam mengembangkan diri di era digital.

Kata dia, pemindahan IKN dari DKI Jakarta ke Nusantara harus dijadikan sebagai momentum dalam mengembangkan sumber daya manusia di Kukar.

“Sehingga jangan sampai kita khususnya pemuda pemudi Kukar terpinggirkan, karena kita lemah dan kita tidak punya kompetensi,” tegasnya.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kukar tahun 2021-2026, pihaknya telah menetapkan kegiatan konkret untuk pengembangan potensi pemuda.

Dalam kegiatan formal, pihaknya menjalankan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan agar para pemuda memiliki keterampilan sebelum memasuki dunia kerja.

“Hari ini kita terus memberikan pendidikan dan pelatihan kompetensi yang sesuai dengan kondisi kebutuhan pasar,” katanya.

Sementara itu, lewat momentum Kirab Pemuda Nusantara dalam memperingati Sumpah Pemuda tahun 2022, pihaknya mendorong para pemuda menapaktilasi perjuangan para pemuda.

“Kita harus menguatkan tekad kita. Karena pemuda adalah garda terdepan generasi dari segala bidang apa pun,” ucapnya. (adv/ma)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA