Edukasi Warga tentang Budaya Menabung, Bupati Kukar Kenalkan Kredit Kukar Idaman

Kukar, beritaalternatif.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah ditemani Wakil Bupati Kukar Rendi Sholihin dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar Abdul Rasid resmi meluncurkan program Kredit Kukar Idaman (KKI) bekerja sama dengan Bankaltimtara, Kamis (28/10/2021) pagi, di halaman depan Pasar Mangkurawang Tenggarong.

Edi mengatakan, program KKI adalah bentuk sinergitas kebijakan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Timur (Kaltim) secara nasional sebagai akses percepatan keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yang ditugaskan OJK.

“Kami bersyukur bahwa Kutai Kartanegara dipilih oleh OJK Kaltim untuk menerapkan kebijakan ini,” ungkap Edi.

Ia melanjutkan, kebijakan tersebut seiring dengan program prioritas Pemkab Kukar yakni Usaha Kecil Idaman, di antaranya memberikan dukungan permodalan serta mengedukasi masyarakat untuk membangun budaya menabung.

“Baik pelaku usaha mikro yang sudah berjalan maupun yang baru memulai. Jadi, kredit ini nanti diwajibkan menabung minimal Rp 100 ribu per bulan,” tambahnya.

Edi juga menjelaskan, kebijakan ini adalah upaya pemerintah untuk mengedukasi tentang transaksi non tunai agar masyarakat terhindar dari bahaya rentenir.

“Ini perlu disosialisasikan. Selain itu, semangat yang besar kredit ini kita fasilitasi, salah satunya bagaimana warga kita tidak ada lagi yang terlilit rentenir, dan itu kita mulai dari Pasar Mangkurawang ini,” tuturnya.

Orang nomor satu di Kukar tersebut berharap program KKI maupun beberapa produk layanan dari Bankaltimtara menjadi bagian dari peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat Kukar.

“Program untuk rakyat terus kita laksanakan. Kita mengedukasi masyarakat. Kalau bisa akhirilah berhubungan dengan rentenir. Pemerintah hadir untuk memberikan perlindungan dengan modal yang tanpa bunga,” pungkasnya. (adv/ar)

TAGS:

Bagikan :

BERITA TERKAIT

Jasa Pembuatan Website

PASANG IKLAN

Ukuran = 1:1

BERITA TERBARU