Bupati Kukar Minta ASN Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

Sekda Kukar, Sunggono saat membacakan amanat Bupati Kukar, Edi Damansyah, pada saat upacara pelepasan purna tugas Tajuddin sebagai ASN dan Kepala Diskop UKM Kukar, di Halaman Kantor Diskop-UKM Kukar, Senin (29/4/2024). (Berita Alternatif/M. As'ari)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Bupati Kukar Edi Damansyah meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerja Pemkab agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut dia sampaikan melalui Sekda Kukar, Sunggono, pada upacara pelepasan purna tugas Tajuddin sebagai ASN dan Kepala Diskop-UKM Kukar.

Ia mengatakan, selama ini kinerja ASN kerap menuai banyak kritikan dari semua elemen masyarakat di Kukar.

Berbagai kritikan itu mengarah pada metode penilaian kinerja yang dianggap masih lemah serta kurang menggambarkan kinerja yang sesuai kenyataan di lapangan.

Apalagi, ditambah dengan adanya perubahan istem kerja ASN dan sasaran kinerja pegawai (SKP).

“Saat ini masih belum sesuai dan mencerminkan maksud dan tujuan dari regulasi tersebut,” ucapnya, Senin (29/4/2024).

Perubahan sistem tersebut, sambung dia, ialah dalam rangka percepatan penyesuaian antara kinerja ASN dan tuntutan zaman di era revolusi industri 4.0 sekarang ini.

Ia menyebut, hal itu sangat penting dilakukan mengingat perubahan dinamika masyarakat dan era digitalisasi saat ini.

Dinamika kebutuhan masyarakat sekarang ini menuntut ASN untuk melakukan kinerja yang lebih cepat, akurat dan tepat sasaran dalam hal melayani masyarakat.

“Sebagaimana peran dan fungsi ASN yaitu pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat dan pemersatu bangsa,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, ASN pun dituntut untuk memiliki core values ‘berakhlak’. Yakni, berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

Lalu, ASN di Kukar juga harus menanamkan jiwa employer branding yaitu ‘bangga melayani untuk masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan berbahagia’.

Makna dari employer branding itu ialah wujud semangat dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Maka dari itu, dibutuhkan dedikasi yang tinggi untuk menumbuhkan citra yang positif dan meningkatkan kepuasan masyarakat.

“Ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar yang ada di dalam diri ASN di Indonesia dan secara khusus dalam hal ini ASN Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang kita cintai,” pungkasnya. (adv)

Penulis dan Editor: M. As’ari

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA