Search
Search

Dikelola secara Profesional, BUMDes di Pedalaman Kukar Sumbang Ratusan Juta ke Kas Desa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar, Arianto. (Berita Alternatif/M. As’ari)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah pedalaman Kukar mampu menjadi contoh pengelolaan bisnis yang profesional.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto mengungkapkan, pengelolaan BUMDes secara profesional di wilayah pedalaman Kukar tercermin di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis.

Pemerintah Desa Muara Enggelam, sebut dia, mendirikan BUMDes Bersinar Desaku. Para pengelola usaha di tingkat desa ini berdedikasi dan berintegritas tinggi.

Ia menjelaskan bahwa setiap tahun BUMDes Bersinar Desaku menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) sekitar Rp 70 juta hingga Rp 100 juta.

BUMDes tersebut, sambung Arianto, mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal di atas Danau Melintang, yang kemudian dialirkan kepada seluruh warga Muara Enggelam.

Dia juga mencontohkan BUMDes Payang Sejahtera di Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu. Setelah dikelola secara profesional, badan usaha ini menyetor ratusan juta setiap tahun ke kas pemerintah desa.

“Kalau yang lain-lain itu masih saya lihat ada yang Rp 10 juta, bahkan ada yang Rp 1 juta,” ungkapnya, Jumat (13/10/2023).

Berdasarkan rencana strategis DPMD Kukar, ia menyebutkan bahwa setiap tahun pihaknya menargetkan peningkatan kontribusi 10% dari BUMDes ke PADes pemerintah desa di Kukar.

“BUMDes yang punya laba dan menyumbang pendapatan asli desa jadi pertumbuhannya 10% setiap tahun. Awal kemarin kita ukur lebih sudah 29%. Ada kurang lebih 25 BUMDes yang sudah punya laba dan bisa menyumbang PADes,” tutupnya. (adv/mt/fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA