Diplomasi Lewat Film Trinity Traveller

MIKTA Film Festival 2023, di Panora Mall, Turki. (Kemlu.go.id)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Sejatinya, film dapat menjadi media sarana yang efektif dalam melakukan kerja-kerja diplomasi, membangun citra, bertujuan menancapkan pengaruh, untuk sekadar hiburan, dan lain sebagainya. Contohnya film-film laga Hollywood tidak sedikit tokoh utama yang ditampilkannya sengaja membawakan pesan “seolah” Amerika Serikat sebagai negara adidaya yang penuh kuasa meski itu bisa jadi pada faktanya cuma mitos dan hayalan belaka.

Lain dengan film produksi Hollywood itu, yang juga tak kalah menariknya yakni film Trinity Traveller. Film drama ini digarap oleh sutradara Rizal Mantovani, sukses mencuri perhatian ratusan penonton dalam MIKTA Film Festival 2023, di Panora Mall, Turki (22/12). Sebanyak 200 orang memadati bioskop, menikmati petualangan ringan yang dibintangi Maudy Ayunda dan Hamish Daud.​

Dikutip dari sumber KBRI Ankara via laman Kemlu, Duta Besar RI untuk Turki, Achmad Rizal Purnama, mengungkapkan bahwa media film adalah alat diplomasi efektif untuk mempromosikan suatu negara. Harapannya adalah agar film tersebut dapat menyentuh kalangan muda Turki, membantu mereka mengenal dan memahami negara-negara anggota MIKTA.

Film Trinity Traveller, yang diperankan oleh Maudy Ayunda dan Hamish Daud, memilih tema petualangan yang ringan dan memamerkan keindahan alam serta wisata Indonesia. Ceritanya yang mudah dicerna dan universal membuatnya diterima dengan baik oleh masyarakat Turki, khususnya kalangan muda.

Salah seorang penonton, Ozan Tozkoparan (17), menyatakan bahwa menonton film Indonesia di Turki adalah kesempatan langka. Bersama teman-temannya, mereka memutuskan untuk menonton film setelah mengetahui bahwa film tersebut mengisahkan petualangan anak muda. Ozan mengapresiasi Festival Film MIKTA karena memberikan alternatif hiburan film di luar opsi mainstream film Eropa atau Hollywood.

Selain Trinity Traveller, festival ini juga menampilkan film dari negara-negara MIKTA lainnya, termasuk “Museo” dari Meksiko, “Son Aksam Yemegi” dari Turki, “Storm Boy” dari Australia, dan “Miracle” dari Korea Selatan. Sebelum pemutaran film, diadakan resepsi yang dihadiri oleh sejumlah undangan dan kalangan diplomat asing. Festival Film MIKTA diselenggarakan pada tanggal 22-23 Desember 2023 dalam kerangka MIKTA Week di bawah keketuaan Indonesia tahun 2023. Selain MIKTA Film Festival, Indonesia juga menginisiasi penyelenggaraan MIKTA Strategic Forum menghadirkan pembicara dari negara-negara MIKTA di Turki pada tanggal 21 Desember 2023. (nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA