Search
Search
Search
Close this search box.

Disdikbud Gelar Bimbingan Teknis PPDB Online Jenjang SD

KASI Penjamin Mutu dan Kelembagaan SD Disdikbud Kukar Patahangi saat sambutan Bimtek PPDB Kukar Tahun 2024 di Hotel Grand Fatma Tenggarong. (Berita Alternatif/Hamdi)
Listen to this article

BERITA ALTERNATIF.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disidkbud) Kabupaten Kukar mennggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jenjang SD tahun 2024.

Bimtek tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Fatma Tenggarong pada Selasa (11/6/2024).

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor melalui KASI Penjaminan Mutu dan Kelembagaan SD, Patahangi mengatakan sebagaimana di dalam Undang-Undang Dasar 1945 bahwa setiap warga negara berhak untuk memperoleh layanan pendidikan yang baik.

Maka dari itu, setiap tahun setiap sekolah selalu melaksanakan PPDB untuk menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan pendidikan.

Ia menyebut, pelaksanaan PPDB ini telah sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor 1 tahun 2021.

Di dalamnya memuat tentang pelaksaan PPDB mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Selain itu, pelaksanaan PPDB ini juga mengacu pada Perbup Kukar Nomor 16 tahun 2023. “Tentang petunjuk teknis penerimaan calon peserta didik baru pada pendidikan anak usia dini pendidikan dasar, dan pendidikan menengah pertama,” jelas dia.

Ia menerangkan, pelaksanaan PPDB online merupakan solusi dari sistem-sistem sebelumnya yang terdapat banyak permasalahan saat penerimaan siswa baru.

“Ini merupakan solusi terbaik karena di program ini ada kriteria-kriteria yang di cantumkan dalam sistem,” terang Patahangi.

Kegiatan PPDB online ini sudah dilaksanakan selama tiga tahun, yakni dari tahun 2022, 2023, dan 2024.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan tersebut adalah inisiatif dari Kepala Disdikbud Kukar untuk merespon tantangan zaman yang serba digital.

Oleh karenanya, ia mengajak semua sekolah yang ada di Kukar agar bisa memanfaatkan program ini dengan maksimal.

“Tantangan kita adalah era digitalisasi bagaimana teman-teman bisa memanfaatkan program-program untuk aplikasi terkait dengan program yang kita tawarkan,”ujarnya.

Patahangi berharap seluruh Kepala Sekolah agar bisa memantau ini bisa berjalan sesuai dengan ketentuan.

Khususnya, bagi operator sekolah yang mengelola secara langsung aplikasi PPDB online agar bisa berjalan dengan lancar. (adv)

Penulis: Hamdi

Editor: M. As’ari

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA