Disdikbud Kukar Bakal Selenggarakan Festival Keraton Nusantara

Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kukar berencana mengadakan Festival Keraton Nusantara di Kukar.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor mengatakan rencana itu sudah lama dibicarakan . Tahun ini akan segera dilaksanakan.

“Kita kemarin sudah bicarakan dengan beberapa leading sector, pemangku kepentingannya, sudah sejak lama,” ucap Thauhid, Sabtu (4/52024).

Ia mengungkapkan untuk pelaksanaan kegiatan festival tersebut masih menghadapi beberapa kendala.

“Kita sudah coba bicarakan dengan Ayahanda Sultan. Memang di pusat ini banyak lembaga, jadi kita bingung ada Dewan Kesultanan, Dewan Adat, dan lain sebagainya, sehingga kita bingung siapa yang akan kita ajak kerja sama,” imbuh dia.

Menurutnya, yang menjadi permasalahan semuanya lembaga mengklaim mereka paling resmi.

“Makanya kita kemarin lebih memilih bekerja sama dengan kementerian, khususnya di Dirjen Kebudayaan RI,” jelasnya.

Bagian dari keseriusan Disdikbud Kukar,  ia mengatakan sudah membicarakan rencana tersebut dengan pihak Pemprov Kalimantan Timur.

“Sudah kita bicarakan dengan pihak kementerian, provinsi, kepada Pj Gubernur tentang Festival Keraton Nusantara ini,” lanjutnya.

Ia berharap kegiatan Festival Keraton Nusantara nantinya bukan hanya sebagai event Kukar tapi juga menjadi event berskala luas yang mencakup Kalimantan Timur.

“Jadi ini bukan hanya event Kutai tapi menjadi event se-Kaltim tapi leader sektor-nya di Kukar. Jadi untuk pelaksanaannya pastinya tidak akan bersamaan dengan Erau. Erau ‘kan September. Nah kita akan laksanakan sekitar bulan Mei, Juli ataupun Juni, sambil kita melihat nanti hasil perkembangan diskusi kita dengan Dirjen Kebudayaan,” bebernya. (adv)

Penulis : Ilham

Editor   : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA