Disdikbud Kukar Dorong Peningkatan Literasi dan Numerasi Pelajar dan Tenaga Pendidik

Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara, Ahmad Nurkhalish (Berita Alternatif/Ilham).
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar terus berupaya meningkatkan kegiatan literasi dan numerasi pelajar melalui kerja sama antara orangtua dan tenaga pendidik.

Kepala Bidang Pendidikan SD Disdikbud Kukar, Ahmad Nurkhalish mengungkapkan perlu adanya kesadaran bersama untuk melaksanakan program tersebut.

“Memang perlu ada kesadaran dari kita masing-masing, kemudian di satuan pendidikan baik kepala-kepala sekolah, maupun guru untuk mendorong anak kita,” ucap Nurkhalish, Selasa (30/4/2024).

Ia menjelaskan kerja sama para guru dengan orang tua harus terus dilakukan secara intens untuk memberikan motifasi dalam belajar.

Selain menyampaikan pelajaran, sambung dia, pada saat proses belajar mengajar guru-guru juga dituntut untuk kreatif dalam menumbuhkan minat baca peserta didik.

“Harus dibuatkan kegiatan-kegiatan untuk anak-anak kita, misal dengan pendekatan lain gambar-gambar atau tulisan yang ada di sekitar mereka,” tuturnya.

Menurutnya, pendekatan melalui gambar dan tulisan seperti halnya puisi bisa menjadi media belajar yang efektif.

“Hasil karya mereka nantinya bukan hanya dipajang tapi juga bisa menjadi media belajar, anak-anak pasti akan terpancing untuk bertanya ini siapa, itu cerita tentang apa, itu bisa menjadi pelajaran yang memuat budi pekerti juga,” bebernya.

Ia menekankan agar guru-guru khususnya pada tingkat SD mendorong peserta didik agar rajin menulis seperti pantun dan puisi yang dapat mengundang pembaca.

“Kita juga mendorong guru-guru agar terus belajar dengan komunitas-komunitas belajar, dengan guru-guru wilayah lain agar sama-sama bisa meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak-anak kita,” pungkasnya. (adv)

Penulis : Ilham

Editor   : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA