Search
Search

Disdikbud Kukar Gelar Seni Pertunjukan EKU 2023

Penyerahan Sertifikat HAKI. (Dok. Ekspresi Idaman Budaya Tradisional Kutai Kartanegara)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sukses menggelar Seni Pertunjukan Ekspresi Idaman Budaya Tradisional Kutai Kartanegara (EKU) 2023 selama tiga hari.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar, Puji Utomo mengatakan pelaksanaan EKU berkolaborasi antara Disdikbud dengan komunitas seni yang ada di Kabupaten Kukar yang bertempat di Taman Titik Nol Ing Martadipura.

Tujuannya untuk memantik para pelaku kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Kukar, khususnya yang ada di Kota Tenggarong yang telah lama vakum karena tidak memiliki ruang untuk mengekspresikan karyanya.

“Tujuan dari pada kegiatan ini adalah memantik kesenian di Tenggarong yang mana telah lama terhenti, di mana mereka tidak bisa mengekspresikan bakat mereka di luar,” ucapnya saat ditemui awak media di Taman Titik Nol Ing Martadipura, Minggu (3/12/2023).

Dengan ditetapkannya menjadi cagar budaya, Taman Titik Nol Ing Matadipura melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ruang untuk para pelaku seni dan budaya agar dapat mengekspresikan karya-karyanya dan membangun para seniman baru di Kota Tenggarong.

Diselenggarakan 1-3 Desember 2023, kegiatan EKU menampilkan berbagai kesenian dari tari, musik, teater dari sekolah maupun sanggar seni yang ada di Kabupaten Kukar.

Kegiatan ini juga diisi rangkaian kegiatan talkshow yang berkenaan dengan kesenian maupun kebudayaan, dan penyerahan sertifikat HAKI motif batik khas Kukar kepada Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0906 Kukar.

“Tiga hari kegiatan yang jelas ini membangun para seniman yang ada di Tenggarong untuk bisa berkarya dan menuangkan karyanya lebih untuk daerahnya,” pungkasnya. (nf/nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA