Search
Search

Disketapang Kukar Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Ramadan 1444 Hijriah

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM  – Penyiapan kebutuhan bahan pokok tergolong aman menjelang bulan suci Ramadan 1444 Hijriah di Kutai Kartanegara (Kukar).

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kukar H. Samsul Ma’arif kepada beritaalternatif.com pada Jumat (17/3/2023).

“Sementara ini untuk kebutuhan beras masih cukup aman. Sudah diantisipasi dengan mengadakan pasar murah, karena stok nasional menurut data yang kami terima cukup selama bulan puasa,” jelas Samsul.

Meski ketersediaan kebutuhan pokok sebagian didatangkan dari luar daerah, pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kukar telah berkoordinasi untuk mengantisipasi kekurangan ketersediaan stok bahan pokok.

Ia menyebutkan bahwa sekitar 40 persen produksi bahan pangan untuk Kaltim berasal dari Kukar. Namun, kebutuhan pokok seperti cabai dan bawang merah masih didatangkan dari luar daerah.

Selain kebutuhan sayur mayur, beberapa kelompok peternak sapi seperti di Desa Jonggon dan Tenggarong Seberang belum mampu menyediakan kebutuhan daging. Karena itu, daging sapi juga masih didatangkan dari luar daerah.

Kata dia, sebagian daging sapi di Kukar didatangkan dari Sulawesi dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ia pun berharap proses pengiriman daging tak menuai hambatan selama bulan Ramadan tahun ini.

“Mudah-mudahan tidak terjadi cuaca buruk yang menghambat pengiriman. Kendala non-teknis itu saja yang kita khawatirkan,” harap Samsul. (adv)

Penulis: Arif Rahmansyah

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA