Diskop UKM Buka Peluang bagi Pelaku UMKM agar Naik Kelas

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Diskop-UKM Kukar, Fathul Amin. (Berita Alternatif/Lita)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kabupaten Kukar membuka peluang bagi para pelaku UMKM terus berkembang.

Pada saat kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan di Gedung Puteri Karang Melenu Tenggarong Seberang beberapa waktu lalu, mereka membuka tenant khusus untuk para pelaku UMKM.

Terdapat puluhan UMKM yang berpartisipasi, itu menghadirkan banyak produk seperti gasing, kue kering, sulam tumpar, minuman herbal, aksesoris khas Kutai dan lain-lain.

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM, Fathul Amin mengatakan bahwa kehadiran UMKM itu atas dasar inisiasi kreatif serta inovatif terhadap pemberdayaan pelaku usaha.

Ia menyebut, ini juga sebagai bentuk bukti bahwa pembangunan di Kukar itu harus dilakukan secara menyeluruh sampai menyentuh kepada produk asli daerah.

“Sebagai bagian dari kemajuan UMKM yang ada di Kukar, maka dari itu kami hadirkan beberapa jenis produk yang berkaitan dengan Visi dan Misi Kukar Idaman,” jelasnya kepada awak media Berita Alternatif, Jumat (5/3/2024).

Dia menerangkan, melalui kegiatan Musrenbang ini produk-produk para pelaku UMKM harus bisa dikenal secara luas serta dapat menghasilkan nilai jual yang menjanjikan.

Dari kegiatan itu pula bisa menunjukkan bahwa UMKM bisa berkembang secara berkala.

Sehingga, hal tersebut bisa menjadi contoh bagi para pelaku UMKM yang baru memulai usaha.

“Pelaku UMKM ini kita dorong untuk mereka bisa menumbuh kembangkan usahanya. Tidak hanya mulai dari omset maupun asetnya, tetapi mulai dari makna produknya,” terang Fathul.

Ia berharap pasca kegiatan Musrenbang ini bisa menghasilkan sesuatu yang bisa terus mendukung keberadaan produk lokal agar bisa terus berkembang.

“Jadi kita dari Kutai Kartanegara berkomitmen setiap ada event selalu kita hadirkan UMKM, agar dapat progresif,” pungkasnya. (adv/lt/mt)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA