Diskop-UKM Kukar akan Adakan Pelatihan Digital Marketing

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Diskop-UKM Kukar Fathul Alamin saat diwawancarai awak media Berita Alternatif pada 6 Mei 2024. (Berita Alternatif/Erlita Budiarti)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengadakan workshop digital marketing pada Juni mendatang.

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Diskop-UKM Kukar, Fathul Alamin menjelaskan, kegiatan serupa telah dilaksanakan pada tahun 2023.

Dalam pelatihan tersebut, jelas dia, para pelaku usaha akan diajarkan cara mengelola dan mengaktifkan penjualan produk melalui platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

“Jadi, untuk pelaksanaan latihan ini, para pelaku usaha bisa memasarkan produknya melalui e-commerce. Di sana dijelaskan bagaimana sistem pendaftran hingga pengembangannya,” terang dia Fathul saat diwawancarai awak media Berita Alternatif pada Senin (6/5/2024).

Pelatihan tersebut, lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan kecakapan para pelaku UMKM dalam memasarkan produk-produk mereka di platform e-commerce.

Ia menyebutkan bahwa pelatihan ini akan dilaksanakan di sejumlah lokasi yang menjadi fokus pengembangan pemasaran berbasis digital di Kukar.

“Ada 7 lokasi yang menjadi lokus digital marketing, seperti Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Anggana, Kota Bangun, Muara Kaman, dan Tabang,” paparnya.

Pihaknya tengah melakukan koordinasi terkait persiapan pelatihan di Tabang dan Muara Kaman.

Dua kecamatan tersebut, ungkap Fathul, membutuhkan kesiapan yang lebih memadai untuk penguatan sinyal internet sehingga dapat mendukung pemasaran produk-produk UMKM dalam platform digital.

Dia mengaku optimis bisa mempersiapkan dan menyelenggarakan pelatihan digital marketing di wilayah-wilayah pedalaman Kukar yang memiliki akses internet yang kurang memadai layaknya di area perkotaan.

Ia berharap pelatihan digital marketing ini dapat mendorong para pelaku UMKM di Kukar tak hanya menjangkau pasar dalam skala lokal, tetapi juga pasar bertaraf nasional.

“Pelatihan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem ekonomi di Kukar,” harapnya. (adv)

Penulis: Erlita Budiarti

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA