Diskop-UKM Kukar Komitmen Sertifikat Halal Gratis bagi Pelaku UMKM

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM, Fathul Alamin. (Berita Alternatif/M. As'ari)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kabupaten Kukar berkomitmen memberikan sertifikat halal gratis bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang pangan.

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM, Fathul Alamin mengatakan, saat ini mereka akan terus memaksimalkan program Sertfikat Halal Gratis (Sehati) dari Kemenag RI yang akan berakhir pada 17 Oktober.

“Nah, kuota 200 ribu sekian se-indonesia itu (sertifikat halal gratis) akan kita maksimalkan, kita habiskan sampai dengan sebelum masa berakhir program sertifikat hal-hal gratis itu,” kata dia, Kamis (2/5/2024).

Ia mengungkapkan, jika masih ada pelaku UMKM yang belum memiliki sertifikat halal setelah program Sehati Kemenag RI itu selesai, maka Diskop-UKM Kukar akan tetap menyediakan sertifikasi tersebut secara gratis.

Dia menyebut, Diskop-UKM Kukar akan menyiapkan anggaran yang digunakan untuk membayar kontribusi ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI.

Dengan demikian, pelaku UMKM masih akan mendapatkan sertifikat halal tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Fathul menjelaskan, jika tanpa program sertifikasi halal gratis, pelaku UMKM yang termasuk dalam katagori self declare itu akan dikenai biaya hingga ratusan ribu rupiah. Sedangkan untuk kategori reguler, nilainya biasa mencapai jutaan rupiah.

“Nah bapak Bupati melalui bapak sekda berkomitmen pemerintah daerah Kutai Kartanegara berkomitmen untuk memfasilitasi itu tetap gratis. Sehingga nanti akan kita siapkan anggarannya untuk itu” jelasnya.

Dia menerangkan, mereka saat ini masih melakukan tahapan pengujian selama 3 bulan ini.

Dalam 3 bulan tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi setiap bulan berapa pelaku UMKM yang telah diberikan sertifikasi halal.

“Nanti setelah 3 bulan itu baru kita bisa proyeksikan nih sampai Desember kira-kira kita mampu berapa ribu pelaku UMKM yang bisa diberikan sertifikasi halal,” pungkas Fathul. (adv)

Penulis dan Editor: M. As’ari

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA