Diskop-UKM Kukar Targetkan seluruh UMKM Olahan Pangan Kantongi Sertifikasi Halal

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Diskop-UKM KUKAR, Fathul Alamin. (Berita Alternatif/M. As'ari)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kabupaten Kukar tahun ini menargetkan ribuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khusus olahan pangan dapat memiliki sertifikat halal.

Kepala Bidang Pemberdayaan UKM, Fathul Alamin megatakan bahwa secara dasar sertifikat halal ini merupakan bentuk perlindungan bagi produk para pelaku UMKM.

Dengan memiliki sertifikat halal, suatu produk tentu sudah pasti merupakan olahan pangan yang aman untuk dikonsumsi serta memiliki kualitas bahkan sejak dari produksi.

Sehingga, produk tersebut akan lebih mudah dipasarkan serta mempunyai daya saing.

Ia menyebut, sertifikasi halal ini merupakan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Diskop-UKM Kukar.

Pasalnya, ini juga merupakan bagian dari kerja untuk menuntaskan program dedikasi Kukar Idaman yang gaung-gaungkan oleh Bupati Edi Damansyah.

“Salah satu ya itu adalah untuk memfasilitasi sertifikasi halal bagi seluruh pelaku UMKM dalam hal ini khusus UMKM olahan pangan,” kata dia, Kamis (2/5/2024).

Ia mengungkapkan bahwa di tahun sebelumnya mereka memiliki kegiatan khusus untuk melakukan sertifikasi halal kepada produk para pelaku UMKM.

Namun, untuk tahun ini mereka akan melakukan hal baru yaitu dengan menyelipkan sertifikasi halal di setiap kegiatan yang dilakukan oleh Diskop-UKM Kukar.

“Baik itu pelatihan wirausaha baru, fasilitasi perizinan, pelatihan produksi desain kemasan, sampai dengan pemasaran semua kami selipkan kegiatan fasilitasi sertifikasi halal apapun jenis bentuk pelatihannya,” terang Fathul.

Bahkan, mereka pun telah melakukan fasilitasi sertifikasi halal langsung di Kantor Diskop-UKM Kukar.

Dia menerangkan, dalam waktu dekat mereka juga akan membentuk satuan kerja reaksi cepat yang akan bekerjasama dengan para pendamping halal. “Nanti kami akan membuat itu,” pungkasnya. (adv)

Penulis dan Editor: M. As’ari

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA