Search
Search

Dispar Kukar Bersedia Serahkan Pengelolaan Pulau Kumala kepada Swasta 

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dispar Kukar M. Ridha Fatrianta dalam kesempatan wawancara dengan awak media Berita Alternatif di Kantor Dispar Kukar pada 6 Februari 2024. (Berita Alternatif/Hamdi)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bersedia menyerahkan pengelolaan obyek wisata Pulau Kumala kepada swasta.

Sebelumnya, beredar informasi bahwa banyak pihak swasta yang tertarik untuk mengambil alih dan mengelola pulau yang berlokasi di Tenggarong tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dispar Kukar M. Ridha Fatrianta menyetujui pengelolaan Pulau Kumala diserahkan kepada swasta.

Apabila pengelolaan Pulau Kumala diserahkan kepada swasta, dia berpendapat, maka sarana dan prasarananya akan jauh lebih baik.

Namun, ia menegaskan, hingga kini belum ada satu pun pihak swasta yang terkonfirmasi secara resmi bersedia mengelola Pulau Kumala.

“Terdapat beberapa swasta yang terkonfirmasi. Tapi informasi itu belum resmi,” ujarnya di Kantor Dispar Kukar pada Selasa (6/2/2024).

Jika terdapat pihak swasta yang bersedia mengelola Pulau Kumala, kata Ridha, maka ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Salah satunya, sambung dia, pengalihan pengelolaan pulau tersebut harus memiliki dasar dari sisi regulasi yang memberikan peluang kepada swasta untuk mengelolanya. “Hal ini sesuai dengan aturan yang ada,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, Pemkab Kukar tengah melakukan revitalisasi Pulau Kumala. Langkah ini bertujuan menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi pulau yang dibangun di era kepemimpinan Syaukani HR tersebut.

Ridha menegaskan bahwa Dispar Kukar tengah fokus menjalankan program revitalisasi tersebut.

Hal itu diharapkannya dapat memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para pengunjung. “Kami akan optimalkan yang ada,” pungkasnya. (hmd/fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA