Distanak Kukar Gelar Sosialisasi PBUMP, Dihadiri 15 Pengurus KWT Kecamatan

Kepala Distanak Kukar Muhammad Taufik bersama Maslianawati Edi Damansyah dalam kegiatan sosialisasi di Pendopo Bupati Kukar. (Berita Alternatif/Nadya Fazira)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) menggelar sosialisasi Pembentukan Badan Usaha Milik Petani (PBUMP) di Pendopo Bupati Kukar, Kamis (19/10/2023).

Sosialisasi ini dihadiri pengurus 15 Kelompok Wanita Tani (KWT) kecamatan se-Kabupaten Kukar.

Kepala Distanak Kukar Muhammad Taufik menjelaskan bahwa sosialisasi ini telah menjadi program Distanak Kukar, yang juga atas koordinasi dan arahan dari Ketua KWT Kukar, Maslianawati Edi Damansyah.

“Kegiatan ini memang terprogramkan setelah kita berkoordinasi dan mendapat arahan dari Ketua KWT Kukar,” ucap Taufik dalam sambutannya.

Taufik mengatakan, kegiatan ini semula akan dilaksanakan di kecamatan, tetapi Ketua KWT Kukar meminta agar kegiatan ini diadakan lebih dahulu di tingkat Kabupaten Kukar.

“Tadinya kita akan laksanakan di masing-masing kecamatan, tapi arahan ibu Ketua KWT Kukar untuk kita disosialisasikan di Pendopo ini,” jelasnya.

Tujuannya agar semua unsur KWT di setiap kecamatan dapat memahami dinamika PBUMP.

Sebagai bagian dari pembinaan utama dari kelompok tani, Distanak Kukar berharap kegiatan sosialisasi dengan tema Tingkatkan Harmonisasi dan Sinergitas ini dapat meningkatkan sinergi dan kinerja KWT kecamatan.

“Tujuan agar KWT kecamatan maupun kabupaten memahami isi dan program kegiatan, kemudian bisa kita sinergiskan nanti,” ujarnya.

Taufik menjelaskan, Ketua KWT Kukar meminta Distanak Kukar agar mengalokasikan anggaran untuk beberapa KWT kecamatan di Kukar.

“Tidak terlupa juga ketua memberi arahan kepada kami untuk menyediakan anggaran untuk beberapa KWT walau pun belum bisa mencakup semuanya,” ucap Taufik.

Anggaran ini akan dialokasikan untuk kegiatan bimbingan teknis yang diperuntukkan untuk KWT kecamatan.

“Apakah nanti polanya yang di kabupaten dulu, baru dilaksanakan di masing-masing zona, nanti kita formulasikan,” pungkasnya. (adv/nf)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA