DLHK Kukar akan Prioritaskan Program Pengelolaan Sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemkab Kukar, Slamet Hadiraharjo. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF. COM – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kutai Kartanegara (Kukar) akan memprioritaskan progam untuk menanggulangi sampah yang kian meningkat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Slamet Hadiraharjo mengungkapkan, pihaknya telah bekerja sama dengan bank sampah di tiap kelurahan dan kecamatan.

Kata Slamet, sekarang ini sampah harus dipisahkan terlebih dahulu dan dipilah-pilah mana sampah yang mengandung nilai ekonomis atau tidak.

“Jadi kita sortir terlebih dahulu guna didaur-ulang dan pisahkan sampah-sampah yang bisa dijual kembali,” ucapnya, Sabtu (23/3/2024)

Ia mengatakan tujuan pengolahan sampah dengan baik ini menjadi  penghemat sumber daya yang ada.

Sehingga, sambung dia, bahan alam dapat terawat dengan baik. Di sisi lain, lanjutnya, bekerja sama dengan bank sampah dalam memilah sampah bisa membantu perekonomian masyarakat.

“Sebab, bank sampah memberikan peluang pekerjaan serta memberikan penghasilan tambahan bagi warga sekitar,” tuturnya.

Slamet mengungkapkan, pihak DLHK juga siap untuk memberikan fasilitas bantuan berupa tempat bak sampah, dan lain-lain kepada bank-bank sampah yang ada di tiap kelurahan dan kecamatan.

Ia berharap dengan adanya bank sampah di tiap  kelurahan, masyarakat bisa ikut serta dalam upaya menjaga kebersihan dan penanganan sampah.

“Tidak ada lagi sampah yang berserakan sembarangan di jalan,” pungkasnya. (adv/ar/nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA