Dua Festival Besar akan Dongkrak Perekonomian Kukar

Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadiraharjo. (Berita Alternatif/Arif Rahmansyah)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar akan menyelenggarakan Festival Kota Raja dan Kukar Land pada pertengahan September 2023.

Kepala Dispar Kukar Slamet Hadiraharjo menyebutkan program tersebut merupakan realisasi RPJMD Kukar 2021-2026, salah satunya bernama Kukar Kaya Festival.

Dua kegiatan besar tersebut diyakininya akan memicu banyak orang mengunjungi Kukar. Pasalnya, untuk meramaikan kegiatan itu Pemkab Kukar mengundang banyak artis nasional yang akan menghibur masyarakat Kukar.

“Dua event besar ini kita laksanakan di dua tempat, yaitu Halaman Parkir Stadion Rondong Demang dan Halaman Kantor Bupati, untuk meramaikan HUT Tenggarong dan acara Erau,” jelas Slamet di Kantor Dispar Kukar, Selasa (5/9/2023).

“Persiapan dua festival ini kita tinggal masukan perizinan, karena mengumpulkan orang banyak, jadi harus ada keamanannya,” sambung dia.

Ia menjelaskan, sejauh ini sudah banyak festival yang dilaksanakan di Kukar, baik yang tercatat melalui Dispar maupun desa dan kecamatan di Kukar.

Beragam kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Kukar itu dinilainya sudah cukup banyak membawa efek positif bagi pertumbuhan ekonomi di kalangan pelaku UMKM.

“Para pelaku kesenian, kuliner, UMKM sampai vendor produksi dan para pekerja merasakan dampak dari banyaknya festival ini,” ujarnya.

Kegiatan yang bakal menghibur masyarakat itu juga dinilai Slamet dapat membawa dampak bagi pengelola perhotelan dan homestay.

Saat ini, sebut dia, banyak kamar hotel di Kecamatan Tenggarong yang sudah dipesan terlebih dahulu oleh wisatawan dari luar Kukar.

“Kita memanfaatkan kegiatan itu untuk mendatangkan wisatawan yang berefek ke perhotelan, homestay, dan yang lainnya,” pungkas Slamet. (rh/fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA