Search
Search

Edi Damansyah Daftarkan 45 Bacaleg, PDIP Targetkan Kursi Ketua DPRD Kukar

Ketua DPC PDIP Edi Damansyah menyampaikan keterangan kepada awak media sesaat setelah mendaftarkan Bacaleg PDIP Kukar di KPU pada 11 Mei 2023. (Berita Alternatif/Arif Rahmansyah)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM  – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kutai Kartanegara (Kukar) menargetkan perolehan kursi ketua DPRD Kukar dalam perhelatan Pileg 2024.

Hal itu disampaikan Ketua DPC PDIP Kukar saat mengantarkan berkas pengajuan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar pada Kamis (11/5/2023).

Ia pun menginstruksikan kepada seluruh Caleg untuk mendekati masyarakat dengan cara memperkuat silaturahmi, sehingga setiap Caleg mengetahui kondisi masyarakat Kukar.

“(Saya minta) kader turun ke desa dan silaturahmi. Datangi masyarakat. Lakukan hal-hal konkret, karena PDIP adalah partai wong cilik,” pintanya.

Selain itu, Edi meminta kader-kader PDIP yang terpilih sebagai anggota dewan memperhatikan nasib rakyat kecil.

“Rakyat kecil harus betul-betul didatangi; diserap aspirasinya. Nanti kalau sudah terpilih menjadi anggota DPRD, itu wajib hukumnya mengurusi rakyat,” tegasnya.

Terdapat 45 Bacaleg PDIP Kukar yang didaftarkan di Pemilu 2024. Sebanyak 11 orang di antaranya merupakan petahana.

Edi menjelaskan bahwa berdasarkan verifikasi internal PDIP, terdapat 200 persen bakal calon yang mendaftarkan diri.

Setelah diverifikasi, dinilai, dan diputuskan DPP melalui surat keputusan, lalu terpilih 45 Bacaleg yang kemudian didaftarkan ke KPU Kukar.

“Dari tahapan proses tersebut, kami DPC dan jajaran hanya menghimpun dan memberikan informasi berupa kekuatan dan kelemahan Bacaleg. Kemudian diproses lebih lanjut ke DPD dan DPP,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, DPC PDIP Kukar telah memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan untuk menjadi Caleg di Pemilu 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Edi juga menyampaikan komitmennya untuk mengawal pesta demokrasi yang sehat di Kukar pada Pemilu 2024.

“Kami menegaskan PDIP Kukar akan komitmen mengawal agenda demokrasi 2024 untuk berjalan dengan baik agar masyarakat bisa mengikutinya dengan bahagia,” ujarnya. (*)

Penulis: Arif Rahmansyah

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA