Edi Damansyah Paparkan Empat Program Strategis Pemkab Kukar

Listen to this article

Kukar, beritaalternatif.com – Bupati Kukar Edi Damansyah memaparkan sejumlah program Pemkab Kukar saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Konferensi Daerah XLIII Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Daerah Mahakam Ulu di Hotel Grand Elty Tenggarong, Kamis (11/11/2021) pagi.

Sebelum itu, ia memaparkan visinya: masyarakat Kukar yang bahagia dan sejahtera. Program pertama, memberikan bantuan renovasi rumah ibadah.

Pihaknya telah mendata rumah ibadah yang akan diberikan bantuan oleh Pemkab Kukar. Pendanaan untuk melaksanakan program ini selain berasal dari pemerintah daerah, juga berasal dari masyarakat dan swasta.

Kedua, program pemberian beasiswa, yang bertujuan membantu masyarakat untuk mendapatkan hak-hak dasar dalam bidang pendidikan.

Ketiga, program Kredit Idaman, yang ditujukan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti penjual pentol keliling, jamu, gado-gado, es kelapa, dan lainnya.

“Semangat Kredit Idaman ini, kita tidak memberikan bantuan permodalan kepada pengusaha baru atau pelaku usaha baru. Artinya, ini juga untuk mengedukasi masyarakat,” jelasnya.

Kredit tersebut, lanjut Edi, diberikan tanpa agunan dan bunga. Hanya saja, penerimanya diwajibkan untuk menabung minimal Rp 100 ribu per bulan.

Hal ini disyaratkan pemerintah daerah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya membangun kebiasaan menabung.

Kata dia, selama ini pelaku usaha mikro dan kecil selalu bergantung kepada rentenir untuk mendapatkan modal usaha mereka.

“Kita ingin membasmi itu. Sehingga ini diharapkan bisa didukung oleh semua kalangan,” harapnya.

Keempat, program di bidang pertanian seperti pemberian bibit, pendampingan dalam proses budi daya, serta memfasilitasi para petani hingga hasil pertanian mereka dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para petani.

“Kami sudah memberikan berbagai bantuan, salah satunya bantuan bibit ikan,” ungkapnya. (adv)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA