Founder PT Gadai Syariah Berkat Bersama Muhammad Yusuf Jadi Pembicara di Alternatif Akademi

Founder PT Gadai Syariah Berkat Bersama Muhammad Yusuf menyampaikan materi dalam program Alternatif Akademi pada Sabtu, 11 Mei 2024. (Dok. Berita Alternatif)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Founder PT Gadai Syariah Berkat Bersama Muhammad Yusuf menjadi pembicara dalam program Alternatif Akademi pada Sabtu (11/5/2024) pagi.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Berita Alternatif yang berlokasi di Gang Bangunan, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong.

Dalam kegiatan yang dipandu oleh wartawan Berita Alternatif Erlita Budiarti tersebut Yusuf menyampaikan materi tentang perjalanannya membangun gadai syariah.

Di awal pemaparannya, dia menguraikan usahanya membangun gadai syariah, yang termotivasi dari keinginannya untuk membantu banyak orang.

“Jadi, enggak semata mencari keuntungan,” ucapnya.

Ia menyebut tak sedikit masyarakat di Kukar yang kesulitan mendapatkan modal usaha. Salah satu penyebabnya, mereka tak memiliki agunan.

Kata dia, tak semua orang mempunyai emas atau aset yang dapat diagunkan ke bank maupun lembaga keuangan lain.

“Tidak semua orang punya emas, tapi semua orang punya elektronik. Karena itu, kami menggunakan elektronik sebagai agunan,” ungkapnya.

Yusuf juga menguraikan usahanya mengembangkan gadai syariah, yang kini telah mencapai lebih dari 50 cabang.

Ia mengungkapkan, pengembangan bisnis bermula dari peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Berbisnis itu bukan tentang apa usahanya, tapi siapa yang menjalankannya,” katanya.

Pengembangan sumber manusia, lanjut Yusuf, menjadi faktor penting dalam pengembangan usaha.

Karena itu pula, ia bersama timnya mengikuti berbagai pelatihan, seminar, dan membaca beragam buku untuk mengembangkan usaha tersebut.

“Kami mewajibkan karyawan untuk membaca buku setiap hari. Kalau enggak, kami minta nonton YouTube untuk meningkatkan pengetahuan mereka,” terangnya. (*)

Penulis & Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA