Jumlah Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Unikarta Meningkat Pesat pada Tahun 2023

Mahasiswa baru Fakultas Teknik Unikarta. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Jumlah mahasiswa baru Fakultas Teknik (Fatek) Unikarta pada tahun 2023 mengalami peningkatan pesat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dekan Fatek Unikarta Mulyono Dwiantoro menjelaskan bahwa tahun ini mahasiswa baru di fakultas yang dipimpinnya berjumlah 109 orang. Mereka terbagi menjadi kelas reguler sebanyak 69 orang dan kelas khusus 40 orang.

Kata dia, mahasiswa baru Fatek Unikarta didominasi oleh lulusan sekolah-sekolah di Provinsi Kalimantan Timur.

Sebagian dari mereka berasal dari daerah-daerah lain di Indonesia, seperti Lubuk Linggau dan Lahat, Sumatera Selatan, serta Manado, Sulawesi Utara.

“Ada juga yang dari Flores, Minahasa, dan NTB,” bebernya, Selasa (5/8/2023).

Peningkatan jumlah mahasiswa Fatek Unikarta, sambung dia, salah satunya dipengaruhi oleh perbaikan pelayanan di fakultas tersebut.

“Upaya yang kami lakukan di fakultas sendiri mengikuti visi misi kami yang salah satunya itu tata kelola yang baik dulu dari tim di fakultas, agar bisa bekerja sama sehingga nanti bisa memberikan pelayanan yang baik, baik itu secara langsung maupun secara online,” jelasnya.

Ia menyebutkan bahwa pelayanan yang baik menciptakan pandangan positif dari masyarakat terhadap Fatek Unikarta.

“Kami menunjukkan kalau kami sudah berubah. Ini hal yang baik tentunya. Nanti akan menjadi hal positif yang di omongan masyarakat di luar, dan itu dampaknya sangat baik bagi calon-calon mahasiswa. Dan itu terbukti sekarang mahasiswanya bertambah,” ujarnya.

Selain perbaikan aspek pelayanan, pihaknya juga menyiapkan tenaga pengajar yang baik dan berkualitas.

Pelayanan dan sumber daya pengajar yang berkualitas, sebut dia, telah membawa kontribusi yang cukup besar bagi peningkatan jumlah mahasiswa Fatek Unikarta.

Selain dua hal tersebut, Fatek Unikarta memiliki keunggulan dari sisi fasilitas berupa peralatan dan perlengkapan penunjang proses pembelajaran, lab komputer, lab praktik, serta perpustakaan.

“Ruang kelas kami di Fakultas Teknik semua ada TV-nya, dan lab komputer kami juga baru semua komputernya. Tapi tentunya kami merasa ini masih sederhana dan semoga semakin lebih bagus,” harapnya.

Mulyono mengurai, sekitar 90 persen mahasiswa baru Fatek Unikarta mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia, Kaltim Tuntas, KIP Kuliah, dan perusahaan swasta.

Dia pun berharap mahasiswa Fatek Unikarta merampungkan studi mereka, sehingga tidak ada satu pun dari mereka yang mengundurkan diri ataupun drop out.

Pihaknya berkomitmen mencetak lulusan yang berkualitas dengan cara membekali mereka dengan ilmu dan pengalaman di dunia pertambangan.

“Khususnya pertambangan di area Kalimantan Timur agar mereka siap ketika nanti selesai masa studinya,” pungkas dia. (ilh/fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA