Jurai Dirikan Usaha Menjahit

Hasil jahitan membuat gaun Mizura Boutique. (Berita Alternatif/Nadya Fazira)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Seorang pelaku usaha asal Tenggarong Jurai mendirikan bisnis menjahit pakaian.

Usaha itu telah dilakoninya sejak tahun 2012 dengan nama Mizura Boutique yang melayani berbagai jenis permintaan menjahit pakaian.

Ia mengaku, membuka usaha menjahit ini lantaran kerap menerima keluhan dari pelanggan yang membeli pakaian tidak sesuai ukuran badannya, saat dia menjalankan usaha konveksi dengan ukuran baju standar.

Bahkan, kata Jurai, tidak sedikit costumer yang membatalkan pembelian sebab ukuran bajunya tidak cocok di tubuh.

“Banyak pembeli yang mengeluh mengenai ukuran, kepanjangan, kebesaran. Nah, jadi untuk memudahkan pelanggan, akhirnya saya belajar menjahit. Supaya konsumen ini tidak terbebani lagi dengan harus pergi ke tukang jahit, bisa langsung kita rombak,” ungkapnya kepada awak media ini, Senin (19/2/2024).

Dia mengatakan, kursus menjahit pada umumnya dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan.

Akan tetapi, ia mempersingkatnya menjadi 14 kali pertemuan karena harus tetap berjualan di Pasar Tangga Arung secara maksimal.

Dalam membuat pakaian, Jurai bisa menyelesaikannya dalam waktu 2 jam hingga 2 hari, tergantung tingkat kesulitan dan banyaknya pesanan.

Ia juga dibantu oleh suaminya untuk proses perancangan desain, mencari bahan, hingga menjahit pakaian.

“Untuk bahan bisa dari pelanggan atau dari kita 100 persen. Kadang kita juga tetap tambahin bahan untuk pelanggan yang membawa bahan sendiri. Kembali lagi sesuai desain yang diinginkan pelanggan,” tutur dia.

Jurai mengungkapkan, mereka saat ini menjalankan usaha menjahit itu di rumah sendiri.

Pasalnya, dampak dari pandemi Covid-19 membuat mereka tidak mendapat banyak pelanggan yang mengakibatkan berkurangnya pendapatan.

Kata dia, apalagi mereka juga saat itu tidak melakukan pengiklanan melalui sosial media, hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut antar pelanggan ke koleganya.

“Sekarang kita enggak di pasar lagi. Kita di rumah pengerjaannya berdua suami istri. Dari pola, kita jahit sendiri, dan kita bordir sendiri,” pungkasnya.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang memerlukan jasa menjahit untuk membuat gaun pesta, wisuda, atau acara lainnya, bisa langsung menghubungi kontak 085249364704 atau ke alamatnya di Jalan Gunung Pegat, Beringin 5, Gang Karya, Nomor 18, RT 40, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong. (adv/nf/mt)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA