Search
Search

Kamal Harpa Dorong Mahasiswa Baru Unikarta Berorganisasi dan Berwirausaha

Kamal Harpa menyampaikan materi di hadapan ratusan mahasiswa baru Unikarta. (Berita Alternatif/Arif Rahmansyah)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Pengurus BPP HIPMI Kamal Harpa menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Unikarta pada Rabu (30/8/2023).

Di depan ratusan mahasiswa baru Unikarta Tenggarong, mantan Ketua HIPMI Kukar itu menyampaikan materi yang bertajuk Unikarta dalam Bingkai Ekonomi Kreatif.

Sebagai mahasiswa baru, kata Kamal, ratusan generasi penerus daerah tersebut harus mempunyai visi yang jelas sejak menginjakkan kaki di universitas.

“Kita mau jadi apa nantinya, berteman dengan siapa 4 tahun ke depan, mahasiswa baru harus sudah merumuskannya dari sekarang,” ujarnya.

Selain itu, ia menekankan kepada mahasiswa baru tentang pentingnya menjaga nama baik almamater. Apalagi, kampus swasta terbesar di Kukar itu akan menjadi mitra pembangunan IKN Nusantara.

Karena itu, alumni Fisipol Unikarta ini mendorong mahasiswa baru untuk terus meningkatkan kemampuan mereka agar dapat bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari kampus-kampus lain di Kaltim.

“Kita akan jadi sorotan. Jutaan orang yang datang ke Kaltim nantinya pasti mencari kampus terbaik. Makanya kita di Unikarta harus memberi contoh. Kita harus bangga dengan almamater kita,” tuturnya.

Kamal mengatakan, mahasiswa Unikarta harus memiliki integritas jika ingin menjadi pengusaha hebat.

Mahasiswa-mahasiswa Unikarta, saran dia, harus mengubah cara pandangnya. Mahasiswa tidak hanya kuliah untuk mencari kerja, tapi kuliah untuk menciptakan lapangan kerja.

“Mahasiswa Unikarta tidak boleh niat kuliah untuk mencari kerja. Kita harus punya cita-cita menyiapkan lapangan kerja,” sarannya.

Selain mendorong mahasiswa Unikarta untuk berwirausaha, Kamal menginginkan para mahasiswa aktif berorganisasi.

Alasannya, mahasiswa baru akan sukses jika sudah menimba pengalaman dari organisasi, kuliah tepat waktu, sukses keluarga dan ekonomi.

“Karena salah satu yang mendorong kita untuk dapat ilmu lebih ya harus di organisasi. Makanya saya minta teman-teman berorganisasi dengan benar sampai tuntas, kuliah harus benar dan semuanya harus dengan tanggung jawab,” pungkasnya. (rh/fb)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA