Kecamatan Kota Bangun Darat Prioritaskan Membangun Infrastruktur Jalur Utama di Desa

Camat Kota Bangun Darat, Zulkifli. (Berita Alternatif/Ilham)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang baru dimekarkan secara definitif pada tahun 2023 lalu, salah satu fokus program pembangunannya yakni bidang infrastruktur jalur utama menuju pusat kota kecamatan.

Camat Kota Bangun Darat, Zulkifli, menjelaskan jalur utama yang diprioritaskan dibangun bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar di antaranya ada di beberapa desa, termasuk Sukabumi, Sedulang, dan Wonosari.

“Desa Kedang Ipil ke Desa Wonosari sekitar 9 km, kemudian dari Desa Kedang Ipil ke Sedulang sekitar 4 km, Kedang ipil menuju sukabumi 4 km juga, akses jalan semuanya sekitar 20 km, akan diperbaiki di tahun ini dan akan selesai di akhir tahun 2024,” ucap Zulkifli, Rabu (17/4/2024).

Kemudian akses menuju ke Tenggarong itu jalur utamanya ada di Sarinadi menuju ke Desa Benua Baru Ketapang langsung ke pusat kota kecamatan di Desa Kedang Ipil.

“Itu infrastruktur yang harus kita bangun akses jalannya,” tuturnya.

Menurutnya, pembangunan jalan masih termasuk jalan kabupaten, jadi anggrannya dari pemerintah kabupaten. “Harus secepatnya kita selesaikan karena menjadi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Ia menambahkan, karena infrastruktur jalan menjadi kebutuhan utama saat ini guna kelancaran pelayanan dan juga untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

Sementara itu, imbuh dia, dana yang sudah dikucurkan pemerintah kabupaten melalui dinas PU Kukar sebesar Rp 50 miliar, di tahun 2024.

“Menurut keterangan PU ini akan selesai akhir tahun 2024 untuk akses jalur utamanya,” terangnya.

Selain untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, pembangunan ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Masih banyak akses jalan yang belum mendapatkan perbaikan di Kecamatan Kota Bangun Darat, tentu hal ini akan terus kita perhatian demi kualitas hidup masyarakat di sana menjadi lebih sejahtera,” pungkasnya. (adv)

Penulis : Ahmad Rifa’i

Editor  : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA