Search
Search

KKB dan HIPMI Kaltim Gelar Talk Show, Hadirkan Brigjen Dendi Suryadi

Brigjend Dendi Suryadi. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Kaltim bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kaltim akan menggelar Talk Show dengan tema Masyarakat Produktif Kunci Kutai Kartanegara Maju.

Talk show tersebut menghadirkan Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Dendi Suryadi sebagai pembicara.

Kegiatan itu akan dilaksanakan di Hotel Grand Fatma Tenggarong pada Minggu (26/5/2024).

Ketua Panitia Pelaksana, Fajri Tridalaksana mengatakan bahwa Talk Show ini bagian dari silaturahmi kemasyarakatan.

Dengan dihadirkan Dendi Suryadi, mereka ingin mengeksplorasi pemikiran-pemikirannya sebagai kontribusi bagaimana beradaptasi untuk kepentingan nasional yang saat ini turun di wilayah Kabupaten Kukar.

Seperti diketahui, Dendi Suryadi pernah bertugas beberapa waktu lalu di Kukar yang secara umum membantu penanganan ketahanan pangan.

Ia menerangkan, talk show ini juga sebagai wadah silaturahmi sekaligus menjadi ruang produktif bagi masyarakat Kukar. Hal tersebut mengingat dampak dari pandemi covid-19 sampai saat ini masih terasa.

Maka dari itu, perlunya kemandirian ekonomi tentang kesadaran untuk menyimpan potensi pangan, dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

“Nah itu bukan hanya sekedar bantuan. Kan ada tiga paket. Bantuan, jaminan kesehatan, sama peningkatan kapasitas masyarakat. Nah kapasitas masyarakat belum naik,” ujar dia, Jumat (24/5/2024).

“Mereka selalu berpikir bantuan bantuan dan bantuan. Akhirnya yang terjadi adalah ketahanan sosial budaya mereka ini tidak menempati pada posisi mampu mandiri,” sambungnya.

Fajri menjelaskan, mampu mandiri yang dimaksud ialah dalam hal mengelola sumber daya yang ada di lingkungannya.

“Pak Dendi bilang sumber daya bukan alam saja. Misalkan sumber daya dalam pengembangan pendidikan, kemudian mengelola organisasi. Bagaimana mereka memfasilitasi tentang ancaman sosial terhadap ancaman kebakaran hutan, potensi swadayanya yang harus muncul,” terang dia.

Ia menyebut, ada ratusan orang lebih yang diperkirakan akan hadir pada talk show tersebut.

Para tamu undangan itu berasal dari organisasi kepemudaan, organisasi sosial kemasyarakatan, paguyuban, organisasi kerukunan suku-suku bangsa yang ada di Kukar, serta pihak kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Dia pun meminta kepada semua undangan bisa memberikan kontribusi masukan saat talk show berlangsung.

Pasalnya, Dendi Suryadi ini merupakan tokoh nasional yang saat ini ditempatkan di Kukar. Terlebih, jenderal bintang satu tersebut juga asli orang Kukar.

“Jadi dari inventaris kegiatan Talk Show ini nanti bisa dibawa beliau ketika menyelesaikan masalah tugas di sini untuk disampaikan, dipaparkan, baik di internal mereka di wilayah kesatuan angkatan darat ataupun di lembaga lain,” sebut Fajri.

Ia menyebut, Dendi Suryadi ini bisa menjadi ujung tombak informasi tentang peningkatan kapasitas masyarakat yang ada di Kukar.

“Jadi konsennya ini pengembangan kapasitas masyarakat, baik di dunia usaha maupun pengembangan produktif lainnya,” pungkas dia. (*)

Editor: M. As’ari

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA