Koperasi Perkebunan Belayan Sejahtera Torehkan Prestasi Gemilang

Ketua Koperasi Perkebunan Belayan Sejahtera, Jamaludin.(Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Koperasi Perkebunan (Kopbun) Belayan Sejahtera Desa Muai Kecamatan Kembang Janggut dalam lima tahun terakhir berhasil menorehkan prestasi yang gemilang.

Ketua Kopbun Belayan Sejahtera, Jamaludin mengatakan, mereka telah banyak mendapatkan penghargaan di tingkat kabupaten hingga provinsi.

“Salah satunya di tahun 2022 kita juga mendapatkan penghargaan dari Diskop-UKM Kukar sebagai koperasi sehat. Diserahkan pada Hari Koperasi Nasional ke 76,” terang dia pada Sabtu (17/3/2024).

Ia menyebut prestasi ini diraih berkat kerja keras serta kerja cerdas anggota yang bahu membahu membangun Kopbun Belayan Sejahtera.

Sehingga menjadi salah satu koperasi unggul di Kukar yang dapat mensejahterakan masyarakat.

Dia ingin prestasi ini yang mereka dapatkan ini terus ada peningkatan.

Jamal bersama tim berencana akan membangun inovasi yang memanfaatkan perkebunan kelapa sawit agar bisa berdampak terhadap sosial serta ekonomi warga setempat.

“Saya berharap anak-anak muda yang saat ini berada di koperasi bisa giat dan tulus membangun koperasi ini. Karena menjadi harapan bagi masyarakat Sungai Belayan,” harapnya.

Jamal mengungkapkan, saat ini mereka tengah melakukan program peremajaan kelapa sawit bagi kebun-kebun anggota yang sudah tidak produktif serta tidak lagi bisa direhabilitasi dengan berbagai perlakuan.

Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan salah satu organisasi donor dari Norwegia bernama Nordick Microfinance Inisiative.

Kerjasama ini telah dilakukan sejak tahun 2021 yang bertujuan agar koperasi dapat memahami gagasan tentang Rountable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Di sisi lain, mereka juga ingin meningkatkan pengetahuan anggota mengenai tata kelola perkebunan kelapa sawit dengan mengikuti pelatihan tentang best management practice.

“Terakhir kita mendapatkan sertifikat RSPO skala internasional minyak sawit berkelanjutan ditahun 2022,” pungkas Jamal. (adv/lt/mt)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA