Search
Search

O2SN Tingkat SD/MI Kabupaten Kukar Kembali Digelar

KasiPenjaminan Mutu dan Kelembagaan SD Disdikbud Kukar Patahangi saat wawancara pada Kamis 13 Juni 2024. (Berita Alternatif/Hamdi)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupeten Kukar kembali menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SD/MI tingkat Kabupaten Kukar.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor melalui Kasi Penjaminan Mutu dan Kelembagaan SD, Patahangi menyampaikan bahwa latar belakang pelaksanaan kegiatan ini adalah bagian dari pembinaan dan pengembangan anak-anak yang berada di jenjang pendidikan.

Kegiatan tersebut, kata dia, bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional yang digarap oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

“Ini meliputi hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga,” ungkap Patahangi kepada awak media pada Kamis (13/6/2024).

O2SN merupakan momentum yang sangat tepat dan baik bagi anak-anak untuk berprestasi dan berkompetisi secara sehat.

Hal tersebut karena olahraga bagian dari kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, sportivitas, dan persahabatan serta persaudaraan.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik bagi anak-anak.

Pelaksanaan O2SN ini, sebut dia, sebagai wadah pengembangan minta dan bakat peserta didik.

“Kesempatan ini ‘kan anak-anak bisa belajar kerja sama, mengetahui aturan, mengetahui keahlian diri sendiri, dan belajar menghargai kekuatan lawan,” ujarnya.

Kemudian, sambung dia, anak-anak juga bisa belajar jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab.

Pelaksanaan O2SN ini diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta yang sportif yang dapat mengharumkan nama Kutai Kartanegara di kancah regional, nasional, dan internasional.

Di sisi lain, anak-anak ini dapat membangun jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, anak-anak juga diharapkan dapat menjadikannya sebagai wadah mereka untuk mengembangkan prinsip hidup sehat,” jelasnya.

Patahangi menyampaikan, peserta yang keluar sebagai juara dalam kegiatan O2SN tingkat kabupaten nantinya dikirim ke pertandingan yang akan digelar pada tingkat provinsi dalam waktu dekat ini. (adv)

Penulis : Hamdi

Editor   : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA