Pasca Lebaran, Sejumlah Komoditas Masih Alami Kenaikian Harga

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kukar, Haryo Martani.(Berita Alternatif/Rifai)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Pasca lebaran lebih dari dua pekan, harga sejumlah komoditas menjadi isu nasional lantaran masih mengalami kenaikian.

Komoditas yang menjadi isu tersebut di antaranya harga daging sapi, bawah merah dan bawang putih, di mana di beberapa wilayah masih terbilang cukup tinggi.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kutai Kartanegara (Kukar), Haryo Martani mengungkapkan bahwa berkaitan dengan isu nasional harga-harga komoditas pangan yang mengalami kenaikan signifikan termasuk bawah merah, semantara komoditas lainnya masih tergolong cukup aman.

“Beras yang masih bertahan belum turun tapi untuk yang lain masih di bawah harga nasional hanya bawang merah saja yang naik,” ucap Haryo, Senin (22/4/2024).

Ia mengatakan penyumbang inflasi terbesar yang ada di Kukar adalah pangan dan transportasi sesuai dengan isu tersebut.

“Kalau lebaran ‘kan kebutuhan pangan meningkat dan kebutuhan transportasi pun demikian isunya begitu dari tahun ke tahun yang dipantau oleh Badan Pusat Statistik (BPS),” jelasnya.

Menurutnya, untuk menanggulangi jika terjadi inflasi dan kelangkaan atau kenaikan yang cukup signifikan pada pasokan, harus bekerja sama dengan daerah lain yang surplus.

Serta, sebut dia, melakukan pengupayaan untuk penanganan inflasi tidak hanya di hilir tetapi secara merata.

“Misalnya produksi kita dipacu untuk ditingkatkan, kemudian perencanaan untuk produksi juga dari jauh-jauh hari dilakukan secara matang sehingga pada saat panen posisi kita bisa menurunkan harga pangan,” tuturnya.

Dirinya berharap untuk para tim pengendali inflasi yang ada di daerah harus selalu berupaya untuk terus mempertahankan angka inflasi sehingga bisa di bawah angka standar nasional bahkan provinsi.

“Dengan inflasi yang terkendali dan relatif rendah masyarakat di Kukar ada daya belinya untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari bisa terjangkau,”pungkas dia. (adv)

Penulis : Ahmad Rifa’i

Editor   : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA