Search
Search

PDB China Diproyeksi Naik hingga 5 Persen pada Tahun 2024

Wakil Direktur Pelaksana Pertama IMF, Gita Gopinath. (Medcom.id)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan perkiraan pertumbuhan PDB China pada tahun 2024 menjadi 5 persen dari proyeksi sebelumnya di bulan April sebesar 4,6 persen.

Wakil Direktur Pelaksana Pertama IMF Gita Gopinath menyampaikan hal tersebut dalam sebuah konferensi pers di Beijing, Rabu (29/5/2024), setelah tim IMF mengunjungi China pada 16-28 Mei untuk Konsultasi Pasal IV 2024.

Revisi kenaikan tersebut didorong oleh pertumbuhan PDB kuartal pertama yang kuat pada 2024 dan berbagai kebijakan pemerintah baru-baru ini.

Pemerintah China telah menerapkan fokus yang tepat dalam mengatasi kerentanan di sektor properti, utang pemerintah daerah, dan institusi-institusi keuangan yang lebih kecil.

Menurut Gopinath, perkembangan ekonomi China selama beberapa dasawarsa terakhir sangat didorong oleh reformasi yang berorientasi pada pasar, liberalisasi perdagangan, dan integrasi ke dalam rantai pasokan global.

Kata dia, China memainkan peran penting dan konstruktif dalam mendukung restrukturisasi utang di negara-negara berpenghasilan rendah dan rentan serta mempromosikan transisi hijau.

“IMF menantikan kerja sama yang berkelanjutan dengan pihak otoritas (China) dalam hal ini,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Antara pada Jumat (31/5/2024).

IMF dalam sebuah pernyataan pada Selasa (28/5/2024) mengatakan bahwa dalam kunjungan ke China, tim IMF menggelar “diskusi konstruktif” dengan kalangan pejabat pemerintah, perwakilan sektor swasta, dan akademisi.

Diskusi tersebut bertujuan untuk bertukar pandangan mengenai prospek ekonomi, risiko, kemajuan reformasi, dan respons kebijakan. (*)

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA