Aspin Anwar Jadi Pembicara dalam Pelatihan Pembuatan Abon Lele di Desa Purwajaya

Listen to this article

Kukar, beritaalternatif.com – Pemerintahan Desa (Pemdes) Purwajaya, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan abon lele di Gedung Serba Guna Kantor Desa Purwajaya pada Sabtu (12/3/2022).

Kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan Program Desa Preneur, yang dibangun melalui kerja sama Pemdes Purwajaya dengan PT Insani Bara Perkasa serta Sahabat Pulau Chapter Kukar.

Latihan ini bertujuan mengolah ikan lele menjadi abon sehingga bernilai ekonomis bagi warga Purwajaya. Sasarannya adalah para ibu di desa tersebut.

Ketua Sahabat Pulau Chapter Kukar, Aspin Anwar, yang bertugas sebagai instruktur pelatihan ini, mengungkapkan, Purwajaya memiliki mayoritas warga yang menjadi pembudidaya ikan lele.

Secara geografis, Purwajaya juga berdekatan dengan wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. “Inilah yang harus disiapkan masyarakat Desa Purwajaya dalam menghadapi IKN,” ucapnya.

Aspin menjelaskan, dalam kegiatan ini, para ibu di Purwajaya diajarkan cara berbisnis abon lele melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Untuk memajukan perekonomian melalui UMKM di desa, kata Aspin, abon lele bisa menjadi produk unggulan di Purwajaya.

Dia pun berharap latihan ini tak hanya berakhir dengan pembuatan abon lele, tetapi juga dilanjutkan dengan latihan canvas bisnis, packing kemasan, ditigal financial dan lain-lain.

Kepala Desa Purwajaya, Kurniawan menambahkan, latihan ini sudah menjadi program PT Insani Bara Perkasa sejak tahun lalu. Namun, pandemi mengakibatkan pelatihan ini ditunda hingga tahun 2022.

Dia pun mengundang pembicara yang berpengalaman dalam pelatihan tersebut. “Kami mengundang Mas Aspin karena pengalamnya membuat abon lele,” tutupnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA