Pemdes Loh Sumber Manfaatkan BUMDes untuk Mengelola Pertanian

Kepala Desa Loh Sumber Sukirno dalam kesempatan wawancara dengan awak media Berita Alternatif pada Rabu 20 Maret 2024. (Berita Alternatif/ Hamdi Hamid)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama untuk mengelola pertanian.

Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno menjelaskan bahwa mereka berupaya terus mendorong penguatan serta inovasi di bidang pertanian.

Melalui BUMDes, mereka akan memberikan edukasi serta sosialisasi kepada warga yang berprofesi sebagai petani.

Kata dia, hal ini dilakukan demi menentaskan permasalah yang sering dihadapi oleh para petani yang dapat menghambat perkembangan di sektor pertanian.

“Jadi di sini kita mau memberikan jawaban dan solusi terkait kendala tersebut. Insyaallah jika petani mau kerjasama, kita akan upayakan atasi semua,” bebernya saat diwawancarai awak media beritaalternatif.com pada Rabu (20/3/2024).

Ia mengatakan, Pemdes akan berupaya memenuhi semua kebutuhan para petani.
Dalam hal ini, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah komponen yang berperan aktif di bidang pertanian.

“Saat ini kami sudah bekerja sama dengan sejumlah lembaga yang aktif di bidang pertanian. Mereka antara lain yaitu PT Asuransi Jasindo, Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia,” terang dia.

Sukirno menjelaskan, program ini juga dalam rangka menyukseskan program pemerintah pusat sampai daerah dalam hal penguatan pangan di sektor pertanian.

Saat ini, pihaknya sudah memiliki sejumlah fasilitas pertanian yang dapat mendorong penguatan pangan. “Yang mampu memproduksi gabah hingga mencapai satu ton perjam,” tutupnya. (adv/hmd/mt)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA