Pemdes Muara Muntai Ilir Ingin Tingkatkan Kapasitas RT

Kades Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur saat wawancara dengan awak media Berita Alternatif di Pandopo Bupati Kukar pada Kamis 4 April 2024. (Berita Alternatif/Hamdi Hamid)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), Kepala Desa (Kades) Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur merancang program penguatan kapasitas RT.

Penguatan kapisitas RT tersebut dilakukan karena ada program-program yang mengharuskan setiap RT menguasi aplikasi, seperti aplikasi kependudukan.

Selain kapasitas RT, pihaknya juga akan menguatkan kapasitas perangkat  desa.

Kades Arifadin Nur mengatakan program peningkatan SDM sangat penting untuk dilaksanakan. Hal ini karena, program tersebut merupakan salah satu program yang nantinya akan membantu pemerintah desa (Pemdes) dalam melayani masyarakat.

Menurutnya, tahun ini pihaknya juga akan bekerja sama dengan Pemdes Ponggok untuk mengintensifkan bagaimana cara mengelola desa.

‘’Tahun ini akan mendatangkan Kades Ponggok untuk mengintensifkan bagaimana cara mekanisme mengelola desa seperti apa,” ujarnya kepada awak media Berita Alternatif pada Kamis (4/4/2024).

Kegiatan peninjauan tersebut, lanjut dia, akan dilakukan di pertengahan tahun ini.

Kegiatannya nanti akan hadir langsung Kades Ponggok untuk melihat Desa Muara Muntai Ilir terkait bagaimana mengelola sumber daya dan potensi yang ada di desa.

“Dia akan memantau mekanisme cara mengelola SDM dan potensi desa ke depannya,” kata Arifadin.

Desa Muara Muntai Ilir sendiri memiliki jumlah penduduk kurang lebih 1. 400 jiwa yang terbagi dalam empat RT.

Arifadin berharap Desa Muara Muntai Ilir bisa mandiri terutama dalam mengelola keuangan dan penghasilan desa. (adv/hmd/nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA