Pemdes Rapak Lambur Fokus Perbaikan Akses Jalan Desa

Kepala desa Rapak Lambur, Muhammad Yusuf. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Perbaikan jalan desa Rapak Lambur di tahun 2024 ini bakal diselesaikan secara menyeluruh.

Pemerintah desa (Pemdes) Rapak Lambur melakukan kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Kukar terkait penyelesaian pembangunan jalan yang ada di wilayahnya.

Kepala desa Rapak Lambur, Muhammad Yusuf mengatakan infrastruktur jalan adalah kebutuhan dasar untuk masyarakat.

“Jadi jalan poros Rapak Lambur itu mulai dari simpangan pasar Mangkurawang ada sekitar 5 km lebih,” ujar Yusuf, Jumat (15/3/2024).

Ia mengatakan semenjak menjabat sebagai kepala desa Rapak Lambur dirinya sering mengajukan proposal perbaikan jalan yang rusak kepada Pemkab Kukar.

“Awalnya di tahun 2022 anggaran perubahan mendapat sekitar 140 meter, habis itu di APBD murni sekitar 400 meter, dan kembali di tahun selanjutnya (2023) pada anggaran perubahan sekitar 300 meter,” jelasnya.

Untuk tahun ini, lanjut dia, ada sekitar 600 meter semenisasi jalan yang akan dikerjakan. “Di bulan 4 atau bulan 5 nanti kita kerjakan,” katanya.

Ia mengungkapkan akan coba menyelesaikan pembangunan infrastruktur termasuk jalan yang ada di dusun durian.

“Kita akan coba rampungkan. Jalan durian itu jalan yang akan tembus ke perbatasan antara daerah Serbaya Kecamatan Sebulu, sudah dikerjakan sekitar 250 meter. Tahun ini masuk lagi di APBD murni sekitar 800 meter,” jelasnya.

Ia mengatakan sangat antusias dengan program Bupati Kukar tentang konektivitas antara wilayah yang rencananya akan mengadakan akses jembatan penghubung antara Tenggarong dan daerah Sebulu.

“Kalau nanti jalan sudah di perbaiki dan jembatan penyebrangan di Sebulu sudah jadi, masyarakat kemungkinan akan melewati desa Rapak lambur kalau mau ke Tenggarong,” ucapnya.

Ia mengatakan hal itu akan membawa dampak positif bagi masyarakat Rapak Lambur.

“Dampaknya nanti sangat besar untuk kemajuan ekonomi masyarakat desa Rapak lambur, saya prediksi di depan banyak ruko-ruko atau rumah-rumah makan yang nantinya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (adv/ia/nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA