Edi Damansyah Hadiri Peluncuran Dua Kredit Unggulan Pemkab Kukar dan Bankaltimtara

Kukar

Kukar, beritaalternatif.com – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri acara Launching Kredit Kukar Idaman (KKI), Kredit Perumahan Rakyat Generasi Milenial (KPR GEN ME), Elektrifikasi Transaksi Keuangan Terintegrasi Kabupaten Kukar, di halaman depan Pasar Mangkurawang Tenggarong, Kamis (28/10/2021) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta perwakilan dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara.

Acara dimulai dengan tarian khas Kutai. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa bersama yang dibacakan Ustaz Harun.

Peluncuran program perbankan ini juga dihadiri secara langsung oleh berbagai pihak. Selain itu, acara ini disaksikan secara daring oleh perwakilan BPD Kaltimtara di seluruh kecamatan di Kabupaten Kukar.

Ada pula warga yang berasal dari ratusan desa se-Kukar yang menyaksikan secara daring acara tersebut. Mereka menyambut dengan gembira acara yang meluncurkan kredit rakyat dengan bunga nol persen ini.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bankaltimtara, Muhammad Yamin memuji Bupati Kukar Edi Damansyah yang sangat konsen dalam mendorong kredit untuk rakyat. Apalagi kredit untuk rakyat telah mendorong masyarakat Kukar agar terlepas dari rentenir.

Ia menjelaskan, Bankaltimtara bekerja sama dengan Pemda Kukar telah meluncurkan berbagai program yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Kukar.

Yamin mengatakan, selama pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir, terjadi disfungsi intermediasi yang berpengaruh terhadap aktivitas perbankan.

Meski begitu, Bankaltimtara tetap menyalurkan berbagai produk untuk masyarakat. “Salah satunya hari ini yang kita launching adalah kredit modal dengan bunga nol persen,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, terdapat lima produk yang dikerjasamakan dengan Pemkab Kukar. Karena itu, pihak Bankaltimtara dan Pemkab Kukar akan menandatangani kerja sama.

“Kredit perumahan untuk milenial itu salah satunya yang akan kami proses dengan mudah dan murah,” jelasnya.

Dia berharap bisa terus mendukung program pemerintah daerah. “Kerja sama ini semoga terus berlanjut,” kata Yamin.

Hendik Sudaryanto, Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, menambahkan, digitalisasi telah menyasar berbagai sektor, salah satunya pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Sistem pembayaran juga telah menggunakan sistem digital. Di tengah pandemi pun sistem tersebut terus berkembang di masyarakat.

“Salah satunya di pasar ini. Ke depan ada satu program untuk digitalisasi transaksi di pasar lokal,” sebutnya.

Dia juga menyinggung Kredit Kukar Idaman yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Kukar.

“Ke depan diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kutai Kartanegara,” pungkasnya.

Kepala OJK Kaltim, Made Yoga Sudharma menambahkan, berbagai program yang diluncurkan dalam kesempatan tersebut telah didiskusikannya dengan Bupati Kukar Edi Damansyah.

Kata dia, kredit masyarakat di Kukar masih relatif aman. Pasalnya, tingkat kredit macet sangat rendah.

Peluncuran berbagai produk perbankan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kelas para pelaku usaha di Kukar.

Meski begitu, pihaknya tetap mendorong masyarakat untuk tetap tertib dan patuh terhadap berbagai aturan bank.

“Sehingga kerja sama dengan bank tetap berjalan dan pelaku usaha bisa naik kelas,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kukar, Edi Damansyah mengatakan, program yang digagas oleh Bankaltimtara maupun OJK Kaltim sejalan dengan program Kukar Idaman.

“Sehingga ini gayung bersambut. Kami memikirkan para pelaku usaha mikro kecil maupun menengah,” ujarnya.

Pihaknya juga telah membentuk tim untuk percepatan pengelolaan keuangan daerah secara digital.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kukar yang telah mendukung program pemberian kredit untuk masyarakat.

“Program ini berjalan tidak terlepas dari kerja sama dengan seluruh anggota DPRD Kukar,” katanya. (adv/ln)

TAGS:

Bagikan :

BERITA TERKAIT

Jasa Pembuatan Website

PASANG IKLAN

Ukuran = 1:1

BERITA TERBARU