Search
Search

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BPN Kukar Tanam Puluhan Pohon di Pulau Kumala

Peringati Hari Lingkungan Hidup
BPN Kukar mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon trembesi di Pulau Kumala pada Rabu, 5 Juni 2024. (Berita Alternatif/Ulwan Murtadho)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COMBadan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Kegiatan yang dihadiri puluhan pegawai BPN Kukar tersebut diselenggarakan di area Pulau Kumala pada Rabu (5/6/2024) pagi.

Kepala Kantor Pertanahan Kukar melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPN Kukar Amy Pramdany menjelaskan bahwa pihaknya berupaya menyosialisasikan dan mengajak masyarakat agar menjaga keberlangsungan dan kelestarian lingkungan hidup.

Dia menyebut bibit-bibit pohon yang ditanam di Pulau Kumala ini merupakan pohon berjenis trembesi yang didatangkan dari Kecamatan Samboja.

Ia meyakini Pulau kumala adalah lokasi yang tepat dan strategis untuk digunakan sebagai area penanaman pohon-pohon tersebut.

Selain mudah untuk diakses dari pusat Tenggarong, Pulau Kumala merupakan obyek wisata di Kukar yang sering dikunjungi banyak orang.

Amy menyebut penanaman puluhan pohon tersebut dapat memberi manfaat secara langsung bagi para pengunjung yang datang ke Pulau Kumala.

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian nyata BPN Kukar dan Kementerian ATR terhadap keberlangsungan lingkungan hidup di Kukar agar tetap terjaga, terawat, dan lestari.

Menurutnya, pengabaian terhadap lingkungan hidup akan berdampak pada kesehatan, terutama pada kualitas udara yang dihirup masyarakat.

Karena itu, usaha BPN Kukar menanam pohon diharapkannya dapat membantu menyerap gas-gas berbahaya di udara agar kualitas udara tetap terjaga sehingga tidak membahayakan kesehatan manusia.

Dengan begitu, ia berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang bagi kelesetarian alam dan kelangsungan hidup manusia.

“Harapannya dengan menanam bibit pohon ini kita dapat menangkal pelepasan emisi karbondioksida di udara,” pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh antusias oleh para pegawai BPN Kukar. Proses penanaman pohon juga mendapat bantuan dari pengelola pulau yang terletak di Tenggarong tersebut.

BPN Kukar menanam sekitar 25 bibit trembesi di dalam kawasan Pulau Kumala. Mereka menargetkan dapat menanam 100 bibit pohon di wilayah Kukar. (*)

Penulis: Ulwan Murtadho

Editor: Ufqil Mubin

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA