Program Sertifikasi Dispar Kukar untuk Pemandu Wisata

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta. (Istimewa)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menyampaikam program sertifikasi bagi para pemandu wisata yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Itu berguna untuk memastikan para pengelola wisata yang ada di Kukar benar-benar berkualitas.

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta menjelaskan program sertifikasi yang ditujukan untuk Pokdarwis ini guna menunjang pariwisata Kukar.

Sehingga, sebut dia, para penyelenggara wisata bisa menjadi pelayan yang baik bagi wisatawan yang mengunjungi tempat wisata khususnya yang ada di Kukar.

Ia mengatakan proses pemberian sertifikasi masih pada tahap pendataan, guna untuk mengetahui Pokdarwis mana yang bisa terdaftar di Badan Sertifikasi Nasional.

“Kita data terlebih dahulu, tapi targetnya semua yang mengikuti adalah Pokdarwis yang tersertifikasi,” ucap Ridha, Jumat (19/4/2024).

Menurutnya, pihak Dispar juga akan berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan kepada para Pokdarwis.

Dia berharap dengan tersertifikasinya para pemandu wisata, bisa membantu pihak Dispar dalam mengembangkan wisata di Kukar agar lebih baik lagi.

“Kita sadar bahwa pengembangan pariwisata dari pemerintah itu perlu lebih banyak keterlibatan peran serta peran dari masyarakat,” imbuhnya. (adv)

Penulis : Ahmad Rifa’i

Editor   : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA