Search
Search

Sebulan Dibuka untuk Umum, Pulau Kumala Sumbang PAD Senilai Rp 70 Juta

created by dji camera
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Sebulan setelah Pulau Kumala dibuka untuk umum, jumlah pengunjung di pulau yang terletak di barat Kota Tenggarong tersebut kian meningkat dari waktu ke waktu.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo mengungkapkan bahwa dalam sebulan terakhir Pulau Kumala telah menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar Rp 70 juta.

“Artinya, selama ini vakum bukan karena apa-apa, karena di situ ada fasilitas utama yang tidak tersedia. Contohnya kemarin listrik. Karena di situ ada pembangunan, tersangkut alat, kemudian putus. Makanya kami perbaiki,” jelasnya kepada awak media di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar pada Kamis (14/10/2022) sore.

Setelah perbaikan fasilitas tersebut, sambung dia, pengunjung di Pulau Kumala meningkat pesat. Saat ini, jumlah wisatawan telah mencapai ribuan orang.

Slamet menilai bahwa Pulau Kumala memiliki potensi besar. Apabila dikelola dengan baik, pulau tersebut akan menyumbang PAD untuk Kukar.

Dispar Kukar pun berencana menambah fasilitas-fasilitas di Pulau Kumala. “Insyaallah tahun depan kalau disetujui kita nanti ada gebrakan dan inovasi baru,” katanya.

Wahana baru tersebut, sambung Slamet, akan menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Kumala. “Wahananya seperti? Masih rahasia,” ujarnya.

Selama pandemi Covid-19 Pulau Kumala ditutup untuk umum. Pengelola pulau itu kembali menerima pengunjung setelah pemerintah pusat menyatakan bahwa masyarakat bebas beraktivitas karena kasus Covid-19 sudah turun drastis.

Diketahui, Pulau Kumala merupakan daerah delta di Sungai Mahakam yang memanjang di sebelah barat Kota Tenggarong, Kukar. Dimulai pada tahun 2000, Pulau Kumala dibangun menjadi kawasan wisata.

Objek wisata Pulau Kumala yang terletak di tengah Sungai Mahakam ini merupakan taman rekreasi perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional.

Pulau seluas 76 hektare ini dulunya adalah lahan tidur dan semak belukar. Saat ini, sebagian area sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter untuk menikmati keindahan dari udara, kereta api mini area permainan dan kereta gantung yang menghubungkan dengan daratan. (adv/um)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA