Search
Search

Redaktur Berita Alternatif Lulus UKW Madya, Ahmad Fauzi: Kami Melangkah Menuju Media Berstandar Dewan Pers

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Manajemen beritaalternatif.com mengutus Ufqil Mubin dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat madya yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kaltim.

UKW tersebut dilaksanakan di Kantor Diskominfo Kaltim pada 13-14 Mei 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Mubin bersama lima orang wartawan diuji oleh dua orang jurnalis senior yang ditunjuk oleh Dewan Pers: Zainal Helmie dan Achmad Shahab.

Di akhir pengujian, Mubin dinyatakan lulus dan kompeten sebagai wartawan tingkat madya.

Chief Executive Officer Berita Alternatif Ahmad Fauzi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PWI Kaltim dan Diskominfo Kaltim yang telah menyelenggarakan UKW tersebut.

Kegiatan ini dinilainya sebagai bentuk komitmen dan konsistensi PWI Kaltim dalam meningkatkan kualifikasi serta kapasitas wartawan di Kaltim.

Sebagai media online yang baru berdiri dua tahun, Fauzi menyebutkan, manajemen Berita Alternatif sangat terbantu dengan kegiatan tersebut.

Pengutusan Mubin, yang merupakan Redaktur Pelaksana Berita Alternatif, dalam UKW tersebut merupakan bagian dari usaha manajemen media ini memenuhi standar sebagai media profesional.

“Alhamdulillah kita sudah mempunyai redaksi yang mumpuni, baik yang berada di standar tingkat utama maupun madya,” kata Fauzi, Senin (15/5/2023).

Dia mengaku akan kembali mengutus wartawan untuk mengikuti UKW yang akan dilaksanakan PWI Kaltim pada bulan Juli mendatang.

“Ini merupakan salah satu langkah kita menuju media daring yang profesional dan berstandar sesuai ketentuan Dewan Pers,” ucapnya.

Sebagai media yang berkomitmen meningkatkan literasi, Fauzi mengatakan, profesi jurnalis merupakan profesi yang sangat penting di era Indonesia modern.

Pasalnya, jurnalis memiliki peran penting dalam meningkatkan demokratisasi dan keterbukaan informasi publik di Tanah Air.

Namun, jurnalis dinilainya sebagai profesi yang sangat minim peminatnya di Kukar.

Ia pun menyarankan agar seluruh staf redaksi Berita Alternatif yang sudah mengikuti UKW melakukan kaderisasi di bidang jurnalistik terhadap para pemuda Kukar.

“Kami melihat profesi ini masih sedikit peminat di Kukar maupun Kaltim. Karenanya, kaderisasi merupakan langkah untuk meningkatkan budaya menulis dan membaca,” tuturnya.

Kata Fauzi, membaca dan menulis dapat membuka wawasan baru serta meningkatkan kapasitas sumber daya Kukar.

Jika kapasitas SDM meningkat, maka hal itu akan berpengaruh terhadap kemajuan daerah.

Ia pun mengucapkan selamat  kepada Mubin yang telah dinyatakan lulus dan kompeten dalam UKW tersebut.

Dia berharap ilmu yang didapatkan staf redaksi Berita Alternatif dalam UKW tersebut bisa bermanfaat bagi daerah.

Fauzi juga mendorong ilmu yang didapatkan staf redaksi Berita Alternatif di UKW diajarkan kepada orang-orang yang memiliki hobi menulis dan tertarik berkecimpung di dunia jurnalistik.

“Terus semangat dan menyebarkan manfaat,” pungkasnya. (*)

Penulis: Arif Rahmansyah

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA