Saatnya Perkuat Sektor Perbankan, Smart City, dan Layanan Masyarakat di IKN

Grounbreaking 5. (Tangkapan layar slide presentasi Media Briefing/ Humas OIKN)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan menggelar Groundbreaking Tahap 5 yang diadakan pada 29 Februari dan 1 Maret 2024.

Dalam Groundbreaking Tahap 5, penguatan akan dilakukan di sektor keuangan, telekomunikasi, layanan masyarakat, dan smart city.

Progres tersebut diakui sebagai bukti komitmen Otorita IKN untuk terus membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) sesuai target sehingga IKN siap beroperasi untuk Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono mengatakan setelah pemilu, investasi terus berlanjut.

“Kami siap untuk groundbreaking selanjutnya dalam 1-2 bulan ke depan. Kalau sekarang temanya perbankan dan smart city, tema selanjutnya nanti kita lihat layanan apa yang perlu dikembangkan dan saat ini kami terus berproses untuk mengelola ketertarikan investor,” ujarnya.

Dari sisi perbankan, akan dilakukan groundbreaking oleh 4 perusahaan perbankan (3 perbankan BUMN dan 1 bank swasta lokal asal Kalimatan), Bank Mandiri, BRI, BNI, serta Bank Kaltimtara.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga akan menandatangani PKS dengan Otorita IKN untuk lokasi dimana akan dibangun gedung OJK ke depannya.

Di Nusantara juga, kata Agung, akan dibangun area financial center di Wilayah Pembangunan 2 (WP 2) ke depannya.

“Groundbreaking Tahap 5 juga akan fokus pada sektor telekomunikasi, di antaranya Telkom Indonesia akan membangun Telkom Smart Office yang menandai dibangunnya layanan dasar seperti fiber optic, serta TVRI juga akan membangun mini studio Nusantara yang akan menyiarkan informasi seputar Nusantara ke seluruh masyarakat Indonesia, “ papar Agung.

Agung menambahkan, Otorita IKN juga akan meluncurkan Command Center Nusantara, sebuah pusat kendali yang akan memonitor kegiatan di IKN.

“Khususnya saat ini, Command Center Nusantara akan mulai memonitor perkembangan Pembangunan IKN dan berlokasi di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK),” jelasnya.

Menurutnya juga, dalam Groundbreaking Tahap 5, BPJS Kesehatan akan membangun kantor pelayanannya untuk dapat segera melayani masyarakat IKN di masa depan.

Juru bicara Otorita IKN Troy Pantouw mengungkapkan bahwa groundbreaking menjadi bentuk keberlanjutan transformasi Indonesia lewat pembangunan IKN dan tingginya minat investor terhadap proyek IKN.

“Sebagai tambahan, panitia HUT RI 2024 juga tengah bersiap-siap termasuk dengan para petugas seperti Paskibraka dan pengamanan. Mereka tengah mempersiapkan diri untuk menyambut momentum tersebut,” kata Troy. (nsa)

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA