Sambut IKN, DKP Kukar Siapkan Program Strategis

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kukar, Fadly saat wawancara dengan awak media Berita Alternatif pada Rabu 8 Mei 2024. (Berita Alternatif/Hamdi Hamid)
Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mempersiapkan sejumlah program strategis dalam rangka menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sekretaris DKP Kukar, Fadly mengatakan saat ini pihaknya tengah mencari strategi untuk dapat memproduksi kebutuhan-kebutuhan terkait IKN.

“Terkait IKN kita coba mencari strategi-strategi untuk para petani, pembudidaya kita untuk bisa berproduksi, bisa memenuhi kebutuhan yang ada,’’ ungkap Fadly saat wawancara dengan awak media ini di kantor DKP Kukar pada Rabu (8/5/2024).

Saat ini, pihaknya telah menetapkan Loa Kulu sebagai Kampung Nila.

Kampung Nila sendiri, kata dia, akan dijadikan konektivitas titik fokus produksi ikan Nila yang diprioritaskan untuk menyambut IKN.

Selain itu, pihaknya juga berencana mempersiapkan program pengembangan Udang Paname.

Menurutnya, selama ini kita hanya memiliki Udang Hindi.

Namun, ia mengaku, produksinya tidak sehebat yang diharapkan. Itu dikarenakan pola yang diterapkan adalah cara tradisional, yang ramah lingkungan.

‘’Kita tidak memakai cara khusus, jadi ya, produksinya gitu-gitu aja,’’ imbuhnya.

Sementara itu, kehadiran IKN di Kaltim ini, memotivasi mereka untuk mencoba membuat terobosan baru dalam membudidayakan Udang Paname.

Ia mengatakan pihaknya di bidang budidaya juga tengah mempersiapkan pengembangan budidaya Udang tersebut di mana  nantinya berkolaborasi dengan masyarakat setempat.

Lokasi budidaya Udang Paname ini akan ditempatkan di Kecamatan Muara Badak dan Marang Kayu. (adv)

Penulis : Hamdi

Editor   : Nsa

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA